Cikarang Jadi Kota Madya, Kabupaten Bekasi Pindah Ibu Kota, Bisa Tambun Bisa Cibitung atau Sukatani

CIKARANG– Cikarang jadi Kota Madya, Kabupaten Bekasi pindah Ibu Kota atau pusat pemerintahan.

Itulah opsi lain dari wacana pemekaran Kabupaten Bekasi yang pola pemekaran wilayahnya masih dapat berubah sesuai hasil kajian yang akan selesai dalam waktu dekat.

Diketahui Pemkab Bekasi terus melakukan kajian pembentukan daerah otonomi baru. Tapi wilayah pemekaran kemungkinan tidak akan menggunakan usulan lama. Dimana Kabupaten Bekasi Utara jadi opsi daerah otonomi.

Baca Juga: Cikarang akan Jadi Kota Madya, 4 Syarat Sudah Terpenuhi, Tinggal Persetujuan DPRD

Baca Juga: Cikarang Adalah  The Next Kota Metropolitan, Sangat Wajar Jadi Kota Madya

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan kajian baru untuk pemekaran wilayah Kabupaten Bekasi yang dilakukan berpotensi merubah kajian lama.

Bahkan, menurut Dani, muncul juga wacana DOB tidak akan berbentuk kabupaten melainkan menjadi kota madya yang berpusat di Cikarang.

Usul Pemekaran Bekasi Utara Sudah Lama, Pusat Kotanya di Tambelang

“Sesuai dengan prosedur, meskipun pernah dilakukan kajian pada 2008 tapi tentu rentang waktu 16 tahun ini ada data di wilayah yang telah berubah. Untuk itu kami lakukan pembaruan yang bisa jadi berubah dari kajian sebelumnya,” ucap Dani Ramdan.

Dijelaskan Dani Ramdan, kepastian perubahan kajian itu dikarenakan banyaknya perubahan yang terjadi di lapangan.

Sehingga kajian lama yang disusun pada 2008 itu dinilai tidak sepenuhnya relevan dengan kondisi yang ada. Dan ajian baru disusun karena adanya perubahan regulasi baru terkait daerah pemekaran.

“Karena harus ada keseimbangan antara daerah otonomi baru dengan daerah induk. Kalau seimbang 100 persen kan sulit, tapi jangan terlalu jomplang, maka atas dasar itu tim akan melakukan rekomendasi kajian baru. Termasuk nama daerah baru itu juga belum ditentukan, termasuk ibu kotanya,” jelas Dani Ramdan.

Baca Juga: Daftar Kecamatan Masuk ke Kabupaten Bekasi Utara Berubah, Siap-siap Ganti KTP!

Sebelumnya, wacana pemekaran wilayah utara Kabupaten Bekasi telah diajukan sejak 2008 silam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 komentar

  1. Sejak diberlakukannya UU Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah dan sekarang sudah berganti beberapa kali, tidak ada istilah Kotamadya dalam pemerintahan. Istilah itu hanya ada pada masa pemerintahan orde baru. Sekarang hanya ada kabupaten dan kota. Khusus DKI Jakarta kabupaten dan kota hanya bersifat administratif, tidak memiliki DPRD Kabupaten/Kota. Redakturnya perlu memahami ketentuan perundangan yang berlaku.

  2. Klo kabupaten induk pindah ke utara lalu cikarang menjadi kota, kemudian 4 kecamatan di wilayah selatan, Serang Baru, Setu, Cibarusah dan Bojong Mangu jadi kabupaten baru atau gabung ke bogor selatan,