Mengenal Cliff Palace, Istana Terhimpit di Tebing  Mesa Verde, Bukti Peradaban Leluhur Amerika Sebelum Ekspansi Bangsa Eropa

Editor:

Cliff Palace adalah istana kuno yang terhimpit  di sisi tebing, istana ini adalah situs yang luar biasa. Situs yang mengungkap peradaban tua yang terkubur ribuan tahun.

Pemandangan sudut tinggi dari tempat tinggal tebing dan Istana Tebing  adalah bagian dari situs arkeologi leluhur Puebloan ini. Kini situs arkeologi ini dilestarikan di Taman Nasional Mesa Verde, Colorado, Amerika Serikat.

Cliff Palace seperti beberapa bangunan lain di dunia ditemukan di tebing berbatu Colorado’s Montezuma County. Sebuah hunian raksasa ini dibangun lebih dari 750 tahun yang lalu dan memberikan wawasan yang tak ternilai tentang bagaimana penduduk asli Amerika hidup di abad-abad sebelum penjajahan.

Hanya saja yang disayangkan kondisi Cliff Palace ini perlahan rusak oleh kekuatan cuaca dan waktu. Bahkan perubahan iklim mengancam lebih banyak gangguan ke wilayah yang rentan ini, yang berarti potongan sejarah yang indah ini memiliki masa depan yang tidak pasti. Kelestariannya sedang terancam.

Baca Juga: Yahudi Israel Ingin Hapus Jejak Islam dan Kristen, Buktinya Proyek Kereta Gantung

Lalu siap yang membangun Istana Tebing ini?

Dikutip dari iflscience.com,  Cliff Palace terbuat dari batu pasir, mortar, dan balok kayu oleh Leluhur orang Pueblo selama periode budaya mereka yang disebut Pueblo III. Sekitar 1150 hingga 1300 Masehi.

Para arkeolog menyebut periode ini ditentukan oleh pembangunan tempat tinggal tebing bertingkat yang sering berbentuk persegi, siku-siku.

Ini adalah gaya khas yang dapat dilihat sepanjang evolusi arsitektur Pueblo, bahkan gerakan Kebangkitan Pueblo yang muncul di AS Barat Daya pada awal abad ke-20.

Di dalam Cliff Palace, ada banyak mural dinding Ancestral Puebloan. Seringkali terdiri dari segitiga, titik, dan desain geometris yang dicat merah, beberapa peneliti percaya bahwa itu adalah jenis kalender yang diinformasikan oleh pergerakan langit di atas.

Baca Juga: Langit Mekah dan Madinah Merah, Orang Yahudi Israel yang Ribut

Tempat tinggal tebing di Taman Nasional Mesa Verde, Colorado, AS

Di antara ratusan struktur yang ditemukan di Amerika Utara, Cliff Palace adalah tempat tinggal tebing terbesar dari semuanya. Itu dapat ditemukan di Taman Nasional Mesa Verde, di mana setidaknya 600 tempat tinggal tebing yang lebih kecil berada.

Studi terbaru menemukan bahwa kemungkinan berisi 150 kamar dan memiliki populasi sekitar 100 orang, menurut National Park Service.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *