Apindo Karawang-Bekasi Tolak Kenaikan UMK 2023

Editor:

KARAWANG- Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kabupaten Karawang dan Kota Bekasi kompak menolak adanya kenaikan UMK di tahun 2023. Sebagaimana diketahui, Kabupaten Karawang telah mengeluarkan rekomendasi kenaikan upah minimum kabupaten (UMK) di tahun 2023 sebesar 10 persen dan Kota Bekasi sebesar 7,09 peren’

Apindo beralasan, rekomendasi kenaikan UMK Karawang dan Kota Bekasidinilai tidak mematuhi aturan di atasnya, yakni Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 Cipta Kerja jo PP Nomor 36 Tahun 2021.

“Kita tau secara hirarki, PP 36 yang paling tinggi di regulasi mengenai pengupahan,” ungkap Wakil Ketua Apindo Karawang, Yuntadi Andhim saat dikonfirmasi, Kamis (1/12).

“Jika menggunakan PP Nomor 36 Tahun 2021, maka kenaikan UMK untuk Kota Bekasi berkisar 3-3,2 persen,” tutur di tempat terpisah oleh Ketua Apindo Kota Bekasi Farid Elhakamy.

Yuntandi menilai jika pemerintah mengacu pada PP Nomor 36, maka kenaikan UMK untuk Karawang ada di angka 7,91 persen. Pihaknya mengaku berpegangan di angka tersebut dan berharap semua pihak dapat mematuhi itu.

Baca Juga: Besaran UMP Jabar yang Naik Tahun 2023 Dibahas Hari Ini, UMK Karawang dan Bekasi Tertinggi

“Tentu Apindo Karawang komit dengan itu, pengupahan rujukannya PP 36 dan kita harap ini bisa kita ikuti oleh semua,” katanya.

Sementara itu, Farid Elhakamy menuturkan akan berpegang teguh pada perhitungan tersebut hingga putusan terkait uji materi yang diajukan di Mahkamah Agung (MA) telah diputus. Jika memang dalam putusan MA dimenangi oleh Apindo, maka dasar perhitungan yang dilakukan akan dikembalikan ke PP 36 Tahun 2021.

“Apabila nanti hasil uji materi memenangkan Apindo, maka kenaikan 3,09 persen akan berlaku selama 2023. Bila Apindo kalah, maka perusahaan wajib merapel kekurangan yang 4 persennya,” kata Farid.

Khawatir gelombang PHK Farid mengungkapkan, kenaikan 7,09 persen akan dirasa berat, terlebih situasi ekonomi perusahaan di Kota Bekasi belum sepenuhnya pulih pasca-pandemi Covid-19.

UMP Tetap di Bawah Karawang- Bekasi, Buruh Jakarta Besok Demo Tolak Putusan PTUN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *