Siswa TK Islam IkubikA Pamer Olahan Pertanian

Editor:

KARAWANG- Mendidik anak sejak dini dengan kearifan lokal diwilayahnya, TK Islam IkubikA Kecamatan Telagasari gelar pameran Farmer Festival dengan tajuk Fun Farming. Pameran itu sebagai puncak acara dari rangkaian kegiatan siswa yang sebelumnya membuat aneka ragam produk berdasarkan pertanian.

Kepala Sekolah TK Islam IkubikA Iip Widianti mengatakan, kegiatan tersebut bagian dari penguatan profil Pelajar Pancasila. Para siswa dididik dan diajarkan upaya dapat tertanam nilai kearifan di wilayahnya.”

Dari kegiatan yang sudah dilaksanakan disekolah. Karena daerah sekolah kami adalah daerah hijau pesawahan. Yang memang ketika melaksanakan project ini harus sesuai dengan karakteristik sekolah,” kata Iip pada Rabu (30/11) di Aula Festive Walk Lantai 5 Karawang.

Iip mengatakan, siswa sebelumnya diajari menanam bibit padi, mengolah bahan dari jerami, kemudian membuat beras menjadi nasi serta membuat olahan hewan yang ada di sawah menjadi hidangan.

“Dan disini pameran hariannya sudah terdapat foto-foto kegiatan yang dilaksanakan selama project disekolah,” ujar Iip.

Terdapat 46 siswa didampingi orang tuanya atau walinya. Rangkaian pameran yang diisi dengan peragaan busana petani di Jawa Barat, drama musikal, simulasi bertani dan bermain musik dengan beras itu.

Iip mengatakan, juga terdapat Farmer’s Market day, yakni menjual hasil olahan siswa kepada masing-masing orang tua siswa. “Sesi terakhir, kami menjual produk yang dilaksanakan disekolah ke orang tua,” imbuh Iip.

Kedatangan orang tua, masih kata Iip, juga masuk kedalam rangkaian. Karena pihaknya yang menjalankan sekolah berbasis Montessori itu terdapat muatan parenting yang mengambil tema ‘Edukasi Montessori di Rumah’.

“Supaya pembelajaran dilaksanakan di sekolah itu selaras dengan nanti yang dilaksanakan juga oleh orang tua dirumah,” ujarnya.

Dan semua rangkaian tersebut masuk dalam menyemarakkan hari guru nasional pada 25 November. “Rangkaian semua masih dengan hari guru nasional,” tukasnya.

Ketua Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) Ade Rusdana mengapresiasi pameran yang dilakukan oleh TK Islam IkubikA, karena kegiatan tersebut masuk dalam program Sekolah Penggerak.

“TK Islam IkubikA memiliki potensi untuk menggerakan mengembangkan program-program dari kurikulum penggerak,” kata Ade.

Dengan adanya rangkaian pameran Farmer Festival, Ade berharap TK Islam IkubikA dapat menjadu acuan bagi TK yang ada di Karawang.

“InsyaAllah program sekolah penggerak juga dirasakan TK yang ada di Karawang,” tukasnya. (gma)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *