Tinjau Lokasi Gempa Cianjur, Obon Dorong Pemerintah Buat Crisis Center Berbasis Digital

Editor:

CIANJUR – Anggota Komisi VIII DPR-RI Obon Tabroni mendorong pemerintah untuk membentuk crisis center untuk memudahkan informasi dengan berbasis digital kondisi pasca gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

Obon sendiri sudah meninjau kondisi warga di Kabupaten Cianjur, bersama buruh pada Senin (21/11) . Ia mendapati kesimpangsiuran data di lokasi bencana dan penumpukan bantuan

“Bisa dibuat semacam crisis center yang mengintegrasikan stakeholder yang ada. CRISis center tersebut berbasis digital yang terus menerus diupdate, sehingga masyarakat bisa melihat situasi yang ada. Kalau membantu mereka itu tahu, yang membutuhkan wilayah mana dan contac personnya siapa,”kata Obon.

Pusat data atau crisis center itu kata Obon harus bisa diakses melalui aplikasi smartphone ataupun website agar semua masyarakat bisa mengakses kondisi dan Kebutuhan di lokasi bencana.

Indonesia merupakan negara yang berpotensi tinggi terhadap bencana alam. Sebab kata Obon Indonesia berada di Ring of Fire (Lingkaran Gunung Berapi). Sehingga, banyak bencana-bencana alam seperti Gempa Bumi, Banjir, Erupsi Gunung, Tanah Longsor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *