Desa Purwadana ‘Ketok’ Rancangan APBDes 2023

Editor:

KARAWANG- Menentukan pembangunan pada tahun depan melalui Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (RAPBDes). Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Purwadana bersama Pemerintah Desa (Pemdes) Purwadana, Kecamatan Telukjambe Timur, mengesahkan Peraturan Desa (Perdes) tentang penetapan RAPBDes tahun 2023 dalam Musyawarah Desa (Musdes) di Aula Kantor Desa Purwadana kemarin (23/11).

Ketua BPD Purwadana Dedi Noor Iskandar menjelaskan, Hasil dari Musdes kali ini yang sebelumnya menyerap aspirasi pembangunan dari masyarakat Desa Purwadana itu bakal dikembalikan lagi ke Pemdes Purwadana untuk dapat dijalankan. “Musdes ini mengenai RAPBDes Purwadana tahun 2023, hasil keputusan BPD ini diserahkan ke pemerintah desa untuk menjalankan Perdesnya,” imbuh Dedi.

Dedi mengatakan, pembangunan tahun 2023 mendatang banyak masyarakat yang berkeinginan untuk pembangunan jalan setapak dan jalan lingkungan (Japak-Jaling) dapat terealisasi nantinya. “Kamipun ada beberapa program juga yang salah satunya untuk dapat meningkatkan perekonomian, seperti budidaya. Tapi memang masyarakat berantusias untuk pembangunan japak dan jaling yang dapat dirasakan langsung,” kata Dedi.

Kepala Desa Purwadana E Heryana mengatakan, penetapan RAPBDes perlu dilakukan bagi pihaknya untuk memproyeksi pembangunan pada tahun 2023 mendatang. Semakin cepat disahkan Perdes, dapat mencegah ‘mubazir’-nya anggaran pembangunan desa. Yang artinya, jika terlambat membuat penetapan RAPBDes, dapat membuat dana APBDes 2023 mandek dan pada akhirnya tidak dapat dilakukan pembangunan karena berbenturan dengan administrasi atupun regulasi pemerintahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *