100 Wartawan Diuji, PWI Jabar Pecahkan Rekor

Editor:

BANDUNG- Bantu tingkatkan mutu jurnalistik pers Indonesia, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Barat gelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) tiga angkatan, dari jenjang Muda, Utama, dan Madya di Grand Asrilia Hotel Convention dan Restaurant, Jl. Pelajar Pejuang 45, No 123 Bandung selama dua hari (15-16/11) kemarin. UKW kali ini sekaligus catatkan rekor baru dengan menghadirkan 100 peserta.

Ketua PWI Provinsi Jawa Barat Hilman Hidayat menjelaskan, PWI Jawa Barat juga bakal menggelar UKW ke beberapa kabupaten-kota di Jawa Barat hingga 2023 mendatang, dengan menargetkan 1.000 jurnalis kompeten.

“UKW ini salah satunya bertujuan untuk meningkatkan kapasitas seorang pewarta dalam menjalankan tugasnya dalam mencari dan menyampaikan berita yang berkualitas sesuai dengan UU Pers dan kode etik jurnalistik,” kata Hilman pada sambutan pembukaan UKW di Grand Asrilia Hotel pada Selasa (15/11) kemarin

Hilman pun menyinggung urgensi pers yang perlu mendapatkan perhatian bersama. indeks kemerdekaan pers, kualitas wartawan dan kesejahteraan wartawan.

“Kalau indeks kemerdekaan pers Jabar berada diurutan kedua di tingkat nasional. Kalau kualitas wartawan saat ini tengah di jalani melalui UKW. Nah, kalau kesejahteran PR (tugas) yang saat ini belum terselesaikan,” katanya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kominfo Jabar Ika Mardiah menyatakan, jika Pemprov Jabar sangat mendukung program UKW sebagai upaya dalam peningkatkan kapasitas jurnalis sehingga melahirkan kontribusi positif bagi kemajuan bangsa dan negara. Terutama dalam menghadapi disrupsi teknologi digital.

“Program UKW ini merupakan salah satu dari janji Pak Gubernur Jabar, dapat meningkatkan SDM wartawan. Kami harapkan melalui program ini, pers menjadi garda terdepan dalam memerangi hoaks. Terlebih jelang tahun politik 2024, kualitas pemberitaan harus semakin baik dan mengedukasi masyarakat, bukan memecah belah,” kata Ika.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *