Waduh, Peringatan Hari Santri di Karawang Ditunggangi Sosialisasi Pertambangan

Editor:

KARAWANG- Akhir minggu ini heboh beredar undangan di masyarakat dan aktivis terkait Hari Santri Nasional di Kantor Desa Cintalanggeng, Kecamatan Tegalwaru. Pasalnya undangan Hari Santri Nasional ini dalam undangan disebut ada dua agenda. Agenda pertama adalah Hari Santri Nasional dan agenda kedua berupa “Sosialisasi dan Konsultasi Rencana Penambangan dan Produksi Batu Andesit di Gunung Sinalanggeng Desa Cintalenggeng, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, oleh PT Atlasindo Utama”.

Masyarakat Karawang dari berbagai elemen mengecam PT Atlasindo Utama yang menunggangi acara Hari Santri dengan melakukan Sosialisasi Operasional Tambang ini. Salah satu kecaman ini datang dari Haji Ading Mulyadin.

Haji Ading Mulyadin, Aktivis Lingkungan yang juga tokoh agama di Kawunggading, Cintawargi menyayangkan adanya sosialisasi penambangan Sinalanggeng di acara Hari Santri Nasional di Cintalanggeng. “Masa momen Hari Santri mau dijadikan momen untuk merusak lingkungan. Sangat bertolak belakang dengan Al Qur’an. Ini bentuk penistaan dan pelecehan terhadap semangat Hari Santri.” tegas Haji Ading.

Menurut Haji Ading, kerusakan alam tidak selayaknya diwariskan ke anak cucu. Sumber daya alam wajib dijaga agar keberkahan selalu terjaga, berupa air dari sumber air yang mengaliri tanah dibawahnya untuk pertanian, peternaan dan perikanan. “Tugas Pemerintah dan masyarakat bersama untuk melihat itu dan lebih langgeng untuk anak cucu kita. Jika kita abai, maka tinggal menunggu saja musibah karena tidak amanah.” Haji ading lantas mengutik Surat Ar Rum 41 untuk direnungkan.: “Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia; Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).” kata Haji Ading

Eris Suhendra, Koordinator Aktivqis Karawang Selatan Bersatu menyayangkan adanya Acara Sosialisasi dan Konsultasi Rencana Penambangan dan Produksi Batu Andesit di Gunung Sinalanggeng Desa Cintalenggeng, Kecamatan Tegalwaru, oleh PT Atlasindo Utama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *