4 Dusun di Desa Sitiarjo Terkena Banjir Parah, Begini Penampakannya…

Editor:

Karawangbekasiekspres – Akibat hujan deras Desa Sitiarjo Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang yang terendam banjir, Senin (17/10/2022).

Kepala BPBD Kabupaten Malang Nur Fuad Fauzi mengatakan ketinggian air mulai naik pukul 07.00 WIB. Banjir di 4 dusun itu tingginya mencapai 1,5 meter hingga 2 meter.

BPBD mencatat ada sebanyak 470 kepala keluarga (KK) terdampak banjir di 4 dusun Desa Sitiarjo. Dusun Krajan Tengah sebanyak 70 KK, Dusun Krajan Kulon 67 KK, Dusun Krajan Wetan 156 KK, dan Dusun Rowotrate sebanyak 177 KK.

Tidak ada korban jiwa akibat genangan air itu, hanya kerugian meterial bagi warga yang terdampak genangan air tersebut.

BACA JUGA: Karawang Selatan Darurat Bencana Alam, Banyak Alihfungsi Lahan, Diguyur Hujan Langsung Banjir dan Longsor

“Untuk berapa warga yang terdampak, saat ini masih melakukan pendataan. Untuk di Dusun Rowotrate 265 kepala keluarga,” ujar Fuad.

Selain itu, Fuad juga mengaku bahwa banjir tak surut sejak kemarin karena luapan Sungai Panguluran yang mengalir di wilayah Desa Sitiarjo. Debit air meningkat karena tingginya curah hujan di hulu sungai.

“Karena debit sungai terus naik, air mengalir ke wilayah pemukiman warga. Dan sampai siang ini hujan masih turun di wilayah Sitiarjo,” ujar Fuad selaku Kepala BPBD Kabupaten Malang.

Baru tiga wilayah yang dapat dijangkau oleh perahu karet, sementara wilayah Dusun Rowotrate yang dihuni puluhan Kepala Keluarga (KK) masih terisolir.

Berbeda dengan data BPBD Malang, Kepala PMI Sumbermanjing Wetan, Yusak Krismanto mengungkapkan bahwa Dusun Rowotrate penduduknya mencapai 265 KK. Dirinya juga menyampaikan bahwa ketinggian air di dusun tersebut bahkan mencapai 3 meter. Namun, dia memastikan bahwa penduduk di dusun itu sudah berpengalaman menghadapi banjir. (ara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *