Waspada! Musim Hujan di Indonesia Datang Lebih Awal

Editor:

Karawangbekasiekspres – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)  mengeluarkan prakiraan musim hujan di Indonesia. Dimana akan datang lebih awal yang diprakirakan pada bulan Desember 2022 hingga Januari 2023 di Indonesia. Tetapi baru saja memasuki bulan Oktober, beberapa wilayah di Indonesia sudah mengalami musim hujan.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati menyampaikan, prakiraan musim hujan di Indonesia merupakan hasil dari analisis zona musim terupdate (ZOM9120) yang telah dilakukan oleh BMKG. Analisis tersebut dilakukan untuk menjamin dan memastikan prakiraan musim penghujan di Indonesia menjadi lebih akurat dan tepat.

Berdasarkan prakiraan musim hujan di Indonesia, dari 699 ZOM (zona musim) di Indonesia, terdapat sebanyak 175 ZOM (25,03 persen) yang akan memasuki musim hujan pada bulan Oktober 2022, meliputi bagian Sumatera, Jawa, Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku dan Papua.

Saat ini, terdapat 60 ZOM (8,6 persen) yang sudah mengalami musim hujan meliputi Riau bagian selatan, Sumatera Selatan, Bengkulu bagian selatan dan Jawa Barat bagian selatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *