DPPKB Kebut Pelayanan Vasektomi, Didukung Paguyuban KB Pria Karawang

Editor:

KARAWANG – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Karawang, sedang kejar target capaian akseptor KB Metode Operasi Pria (MOP) atau yang lebih dikenal dengan vasektomi.

Tahun 2022 ini, DPPKB Karawang punya target 16 akseptor MOP. Hingga memasuki trimester akhir di tahun ini, tercatat sudah ada 10 akseptor KB MOP yang telah dilayani oleh DPPKB Karawang.

Untuk memaksimalkan target capaian itu, DPPKB Karawang bekerja sama dengan Paguyuban KB Pria Karawang tengah berupaya melakukan percepatan. Dengan cara meningkatkan edukasi serta dukungan dari Paguyuban KB Pria Karawang.

“Kita baru mulai kejar target MOP di trimester terakhir, tapi berkat dukungan dari Paguyuban KB Pria Karawang kami optimis target itu akan tercapai,” ujar Kepala Bidang Pelayanan KB pada DPPKB Karawang, Aep Saepudin kepada KBE, kemarin (30/9/2022).

Melalui dukungan yang diberikan Paguyuban KB Pria, pihaknya mengaku jadi lebih gampang mencari akseptor. Seperti diketahui, mencari akseptor KB pria tak semudah mencari akseptor KB wanita. Pasalnya, metode kontrasepsi pria seperti vasektomi kebanyakan jadi pilihan terakhir dalam program keluarga berencana.

“Paguyuban KB Pria ini punya peran penting dalam memberikan contoh, mengedukasi, serta mengajak masyarakat Karawang untuk tidak takut ber-KB (metode vasektomi),” ujar Aep saat diwawancara KBE usai melaksanakan pelayanan MOP di Rumah Sakit Islam Karawang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *