Dosen Unsika Bantu Petani Serai Wangi Tingkatkan Produk, Kembangkan Teknologi Alsintan dan Bisnis Pertanian

Editor:

PURWAKARTA – Dosen Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) kembangkan alat mesin pertanian (Alsintan) untuk bantu para Petani Serai Wangi. Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) tersebut berlangsung pada (27/9) di Desa Sukajaya, Purwakarta, Selasa (27/9).

Kegiatan PKM ini merupakan hibah dari DPRM Kemendikbudristek (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Teknologi) yang bertujuan untuk memberikan solusi bagi para petani serai wangi dalam melakukan proses produksi dan mengurangi cost atau biaya pertanian bagi Kelompok Petani Serai Wangi yang bergerak di bisnis pertanian.

Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat ini merupakan hibah dari DRPM Kemendibud-ristek dengan nomor kontrak 085/E5/RA.00PM/2022 dan 127.5/UN64.10/PM/2022

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan oleh Dosen Universitas Singaperbangsa Karawang yang diketuai oleh Deri Teguh Santoso, S.T., M.T dan dua anggota dosen lainnya yaitu Rianita Puspa Sari, S.T., M.T dan Winda Rianti, S.P., M.Si.

Deri Teguh selaku ketua PKM mengatakan sebelumnya ia telah melakukan komunikasi dan koordinasi terkait pelaksanaan PKM bersama dengan ketua kelompok tani serai wangi, Fuja.

“Alat PKM yang bernama Alinstan ini dirancang untuk membantu permasalahan yang ada pada petani serai wangi. Sejak tanggal 04 Juli 2022, kami melakukan komunikasi dan koordinasi, serta telah melakukan diskusi forum untuk melaksanakan kegiatan PKM,” terang Teguh, Selasa (27/9).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *