Mahasiswa KKN Unsika Bantu UMKM Desa Sindangkarya Naik Kelas 

Editor:

KARAWANG – Mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Sindangkarya, Kecamatan Kutawaluya, Kabupaten Karawang. Di desa itu, mahasiswa fokus membantu para pelaku UMKM untuk naik kelas. Dengan mendorong penggunaan aplikasi pencatatan keuangan yang mereka sebut Aplikasi Akuntasi Keuangan UKM.

Kepada KBE, Koordinator Humas KKN Kelompok 88 Unsika Imam Fadilah mengatakan, di Desa Sindangkarya mahasiswa Unsika melaksanakan KKN dengan judul ‘Sosialisasi dan Pendampingan Akuntansi Manajemen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)’.

Mahasiswa Fakultas Ekonomi  ini menjelaskan, Mahasiswa KKN Kelompok 88 didampingi oleh Tim Pengabdi Unsika melakukan sosialisasi dan pendampingan mengenai pentingnya pengaplikasian pencatatan keuangan pada usaha mikro yang digeluti masyarakat desa. Serta menganalisa bagaimana meningkatkan manajemen usahanya.

“Kami melakukan pendampingan agar pencatatan Keuangan pelaku UMKM di Desa Sindangkarya lebih baik. Kami menggunakan aplikasi Akuntasi Keuangan UMMM yang dalat di unduh warga di Play Store,” ungkap Imam, Minggu, (25/9) kemarin.

Selain itu, lanjut Imam, mereka juga membantu pelaku UMKM disana melakukan analisis untuk mengembangkan usahanya. Mahasiswa KKN Unsika disana mengajarkan pelaku UMKM menggunakan analisis SWOT (Strenght, Weaknesses, Opportunity, Threats).

“Analisis SWOT ini penting agar pelaku UMKM dapat melakukan upgrade yang signifikan dalam aspek manajemen produksi, keuangan, dan pemasaran,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *