Mengenal Lagi Kepangkatan Polisi, dari Bharada sampai Jenderal

Editor:

POLISI memiliki jenjang karier sebagai anggota Kepolisian Republik Indonesia (POLRI) yang diurutkan berdasarkan pangkatnya masing-masing.
Struktur jabatan dan pangkat pada Polri mulai diberlakukan sejak 1 Januari 2001. Pada saat itu, TNI dan POLRI mulai dipisahkan sehingga memiliki tingkat pangkatnya masing-masing.

Berdasarkan Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2016 tentang Administrasi Kepangkatan Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam BAB II tentang Golongan Kepangkatan Pasal 3, pangkat polisi terdiri dari Tamtama, Bharada dan Perwira.

Situs resmi Polri memuat pangkat-pangkat di jajaran Polri.

1. Tamtama
Pangkat polisi yang paling rendah adalah Tamtama. Pada pangkat ini, anggota jabatan yang termasuk ke dalam golongan pangkat Tamtama terdiri dari:

a. Bhayangkara Dua (Bharada)

Pangkat ini hampir sama dengan pangkat Militer yaitu Prajurit Dua. Biasanya mereka bertugas sebagai pendamai berbagai penyebab konflik agama atau antar suku.

b. Bhayangkara Satu (Bharatu)

Setelah Bharada, ada pangkat yang lebih tinggi di atasnya yaitu Bharatu. Nama tersebut sama di tingkat kemiliteran Indonesia termasuk dalam militer terkuat di Asia Tenggara.

c. Bhayangkara Kepala (Bharaka)

Pangkat Bharaka dilambangkan dengan tanda tiga garis miring berwarna merah. Dulunya nama pangkat ini masih Prajurit Kepala atau disingkat Praka.

Namun, pada tahun 2001 Indonesia mengalami perombakan nama pangkat di kepolisian, sehingga pangkat yang semula bernama Praka menjadi Bharaka.

d. Ajun Brigadir Polisi Dua (Abripda)

Pangkat Abripda memegang posisi terbawah di posisi Ajun Brigadir. Pangkat ini dilambangkan dengan tanda V terbalik dengan warna merah.

e. Ajun Brigadir Polisi Satu (Abriptu)

Semula, pangkat ini bernama Kopral Satu. Setelah mengalami perubahan, pangkat ini menjadi Ajun Brigadir Kepala Satu atau Abriptu.

f. Ajun Brigadir Polisi (Abrip)

Nama Abrip mengalami perubahan sampai dua kali. Nama yang pertama adalah Kopral Kepala yang mana termasuk dalam personel militer terbaik di dunia.

Kemudian nama perubahan yang kedua adalah Bhayangkara Utama I. Pangkat ini merupakan yang tertinggi di kelas Tamtama dan masih di bawah Bintara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.