Inilah Asal usul Khodam Macan Putih Prabu Siliwangi

Editor:

Asal usul khodam macan putih Prabu Siliwangi terkait kisah Curug Sawer yang berada di Kabupaten Majalengka.

Asal usul khodam macan putih tidak lepas dari kebiasaan Prabu Siliwangi ketika muda yang sering keluar masuk hutan. Kala itu, Jayadewata atau Pamanahrasa belum bergelar Prabu Siliwangi tetapi persinggahannya di Curug Sawer disebut menjadi asal usul dari khodam macan putih tersebut.

Menurut cerita tutur di masyarakat, asal usul khodam macan putih Prabu Siliwangi tidak lepas dari penunggu Curug Sawer Majalengka.

Simnak berikut kisahnya. Pamanahrasa atau Prabu Siliwangi dikenal sejak muda kerap berpetualang keluar masuk hutan.

Baca Juga: Kisah Anak-anak Prabu Siliwangi dari Subang Larang Santriwati Syekh Quro Karawang Memilih Agama Islam, 

Dengan kesaktian dan kemampuan fisiknya, Pamanahrasa bisa mengalahkan binatang buas di hutan belantara.

Sampai satu ketika, di tengah pengembaraannya, Prabu Siliwangi tiba di Curug Sawer, yang saat ini masuk dalam wilayah Kabupaten Majalengka.

Di Curug Sawer, Prabu Siliwangi hendak melepas lelah dari pengembaraan dan perjalanannya di hutan belantara.
Kawanan macan gaib tersebut kemudian berusaha mengganggu dan menyerang Prabu Siliwangi. Sehingga terjadilah pertempuran sengit.

Dikisahkan pertempuran itu, berlangsung selama kurang lebih satu hari. Hingga akhirnya pasukan macan putih tersebut berhasil ditaklukan.

Karena kalah tanding itu, pasukan macan putih kemudian menyatakan tunduk kepada Prabu Siliwangi dan menjadi pasukan gaib.

Kelompok macan putih ini saling bahu membahu membantu pembangunan kerajaan Pajajaran. Termasuk ketika kerajaan ini diserang oleh kerajaan lain, maka sekelompok macan putih gaib ini akan mengusir pasukan kerajaan musuh.

Oleh sebab itulah Raja Siliwangi dikenal sebagai Raja dengan pasukan macan putih dan Raja Khodam Macan putih dikenal sebagai panglima perang dari kerajaan gaib.

Dari kisah ini, kemudian Prabu Siliwangi kerap dikaitkan dengan khodam macan putih bahkan harimau yang disebut-sebut sebagai pengawalnya.

Demikian kisah asal usul khodam macan putih Prabu Siliwangi yang diolah dari berbagai sumber. Kisah ini merupakan legenda yang diceritakan turun temurun di tengah masyarakat. (yuda sanjaya/rc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.