Ikonik, Situ Rawakalong Beri Fungsi Ekologis dan Sosial

Editor:

DEPOK – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan revitalisasi Situ Rawakalong Kota Depok, Jum’at (5/8). Ada dua fungsi Situ Rawakalong setelah direvitalisasi, yakni fungsi ekologi dan fungsi sosial.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Sumber Daya Air meyakini Situ Rawakalong yang diyakni mampu menjadi destinasi wisata unggulan yang berbasis wisata air.

Fungsi Situ juga sebagai sarana irigasi dan penampungan air. Untuk itu, Pemprov Jabar terus melakukan upaya untuk kelestarian dan kualitas air tanpa limbah.

Sementara itu, Kepala Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat Dicky Achmad Sidik mengatakan, Situ Rawakalong memiliki luas lahan mencapai 8,25 hektare tersebut.

Baca Juga: Kang Emill Ajak Bonge Gelar Citayam Fashion Week di Situ Rawakalong

“Pemprov Jabar melalui program revitalisasi ini sebagai bentuk konservasi sekaligus pengamanan aset, situ-situ yang ada di wilayah sungai Cisadane. Di depok salah satunya, disamping mengembangkan destinasi wisata,” kata Dicky dalam sambutannya.

Lanjut Dicky, selain memiliki pesona keindahan alamnya, kawasan Situ Rawakalong juga memiliki fungsi yang lebih optimal dalam menjaga kelestarian dan penampungan air untuk penunjang sektor pertanian.

Situ Rawakalong yang dulu hanya digunakan warga untuk memancing ikan, kini kawasan yang ada di Kecamatan Cimanggis, Depok Jawa Barat itu bisa mendongkrak sektor pariwisata, ekonomi rakyat, hingga kelestarian budaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.