Kabupaten Bekasi Percepat Proyek SPAM Jatiluhur II, Ini Misi Dani Ramdan

Editor:

METRO CIKARANG – Proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Ir. H. Djuanda/Jatiluhur II di Kabupaten Bekasi, terus dikebut.

Pasalnya cakupan penyediaan air bersih di Kabupaten Bekasi, yang saat ini baru mencapai 40 persen dari target 60 persen.

Begitu pula, dengan air permukaan dan air tanahnya yang belum memadai untuk dimanfaatkan sebagai air bersih maupun air minum. Sehingga salah satu solusinya, ialah meningkatkan cakupan air di PDAM.

Hal itu diungkapkan Pejabat Bupati Bekasi Dani Ramdan saat memimpin rapat bersama Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan (DJPI) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Heri Tri Saputra pada Kamis (24/06/2022) kemarin.

“Sebagaimana dimaklumi, saat ini cakupan pelayanan kita untuk air minum masih 40 persen ini juga angka yang belum sesuai dengan target kita. Diketahui juga, air permukaan dan air tanahnya tidak semua wilayah punya kualitas yang bagus untuk dimanfaatkan. Salah satu solusinya kita akan meningkatkan cakupan air PDAM,” jelas dia.

Artinya, sambung Dani, penyediaan air bersih tersebut selain berguna untuk air minum dan kawasan industri, juga untuk pengairan sawah yang saat ini beberapa titik lahan persawahan diwilayah Kabupaten Bekasi mulai mengering.

“Nah, sedangkan kita juga harus melindungi dan mempertahankan LSD persawahan tersebut seluas 35.000 hektare,” tegas dia.

Dirinya berharap, pemancangan Tiang Pertama SPAM Tanah Merah dan SPAM Regional Jatiluhur II ini dapat menjawab persoalan permasalahan cakupan air di Kabupaten Bekasi, agar bisa terselesaikan dengan sistematis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.