oleh

Kabupaten Bekasi Daerah Paling Rawan Pungli PPDB

KABUPATEN BEKASI- Lima kota di Jawa Barat dinilai paling rawan praktik pungutan liar (pungli) dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2022. Kelima daerah itu antara lain, Kota Bandung, Depok, Bogor, serta Kota dan Kabupaten Bekasi. Penilaian itu disampaikan Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Jabar didasarkan atas kasus-kasus pungli selama PPDB sebelumnya.

Anggota Tenaga Ahli Satgas Saber Pungli Jabar M Irianto mengatakan, di lima daerah perkotaan itu kerap ditemukan dugaan pungli pada tahun-tahun sebelumnya. “Praktik pungli rawan terjadi di wilayah perkotaan. Seperti Kota Bandung, Kota dan Kabupaten Bekasi, Depok, dan Kota Bogor,” kata M Irianto kepada wartawan, Selasa (24/5).

M Irianto menyatakan, pemerintah pusat dan daerah telah menentukan aturan PPDB. Namun, masyarakat kerap mencari jalan pintas untuk mengakali aturan dengan melakukan berbagai cara agar anaknya bisa diterima sekolah yang diinginkan.

Akibatnya, praktik pungli masih banyak di temukan di sekolah-sekolah perkotaan. Pengelola sekolah memanfaatkan animo masyarakat itu. “Jadi bahasa saya itu daerah perkotaan lebih rawan. Praktik pungli umumnya terjadi di sekolah-sekolah favorit,” ujar M Irianto.

Masyarakat yang mengetahui dugaan pungli dan beberapa tindakan di luar aturan PPDB 2022, tutur M Irianto, diimbau segera melapor ke satgas saber pungli daerah masing-masing. Laporan masyarakat akan ditindaklanjuti.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.