Perpustakaan Sangat Penting Dalam Tunjang Pembelajaran di Sekolah

Editor:

JAKARTA – Keberadaan perpustakaan di sekolah sangatlah penting dalam menunjang pembelajaran. Perpustakaan sekolah sangat strategis karena menjadi alternatif ruang publik yang menawarkan suasana berbeda, dari sekedar mengobrol, membaca dan sekedar mencari hiburan.

“Dalam spesifikasi perpustakaan sekolah, bagian ini adalah bagian integral yang tak terpisahkan dari segala aktivitas pembelajaran sekolah,” ujar Analis Data dan Informasi Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah, Kemendikbudristek, Hendro Wicaksono, baru-baru ini.

Menurut dia, tantangan di perpustakaan sekolah kini cukup banyak. Yang paling utama adalah kompetensi pengelola perpustakaan sekolah yang rendah. “Bisa tidak, ekosistem digital nasional bisa membantu masalah perpustakaan sekolah,” ucapnya.

Oleh karena itu, ekosistem digital nasional harus bisa menyelesaikan beberapa masalah turunannya, yakni meningkatkan efektivitas dan efisiensi perpustakaan sekolah, membantu pengembangan koleksi, meningkatkan kualitas pengelolaan koleksi, membantu reservasi karya lokal dan membantu pengambilan keputusan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *