Tunggu Persutujuan Bupati, 2022 Tunjangan Perangkat Desa Naik

Editor:

KARAWANG – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Karawang mengkonfirmasi permohonan kenaikan tunjangan kepala desa dan perangkatnya segera direalisasi di tahun ini. Hanya saja, permohonan kenaikan tunjangan perangkat desa itu belum disetujui oleh Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana. 

Sekertaris DPMD Karawang, Tata Suharta mengungkapkan, usulan kepala desa melalui Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Karawang tentang kenaikan tunjangan di tahun 2022 sudah di bahas dengan DPRD Karawang. 

Secara teknis, usulan kenaikan tersebut sudah diajukan DPMD Karawang. Tak hanya tunjangan kepala desa, tunjangan perangkat desa mulai dari Kaur, BPD, hingga RT/RW direncanakan naik di tahun ini.

“Prinsipnya kita sudah mengajukan, yang penting harus sesuai ketentuan dan aturan. Untuk waktu kapan, tinggal tunggu persetujuan bupati,” ujarnya, kepada KBE, kemarin(25/1).

Di tempat yang sama, Kabid Pemerintahan Desa, Encep Komarudin menambahkan, rencana kenaikan tunjangan perangkat desa di Karawang sudah berulang kali dibahas bersama dewan. Ada pun sumber anggaran yang digunakan untuk kenaikan tunjangan perangkat desa, rencananya bersumber dari Dana Bagi Hasil (DBH). Pihaknya memastikan, kenaikan tunjangan untuk perangkat desa ini tidak akan mempengaruhi APBD Karawang.

“Keinginan kepala desa naik menjadi Rp. 5 juta per bulan. Dari semula Rp. 4,3 juta per bulan. Ini sudah di ajukan, tapi belum ditandatangani bupati,” ungkap Kabid yang akrab disapa Haji Eko ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *