oleh

Preview Manchester City vs Chelsea

MANCHESTER City akan melakoni duel pertaruhan gelar menghadapi Chelsea di pekan ke-22 Premier League, malam ini. Kemenangan di game ini akan sangat menentukan perebutan gelar Premier League.

The Citizens saat ini memuncaki klasemen Premier League dengan poin 53. Mereka unggul 10 angka di atas The Blues yang ada di peringkat kedua klasemen dengan poin 43.

Tiga poin dari Etihad Stadium malam nanti jelas akan membuat City sudah bisa menghapus Chelsea dari daftar pesaing mereka. Sebaliknya, jika menang, Chelsea akan tetap menjadi rival terkuat mereka dengan selisih tujuh angka.

Selain itu, hasil minor di pertandingan ini akan memberi peluang pada Liverpool yang ada di peringkat ketiga untuk lebih merapat. Saat ini, The Reds memang tertinggal 11 angka, namun mereka masih memiliki satu laga tunda.

Makanya, anak asuh Pep Guardiola membutuhkan kemenangan di pertandingan ini. Namun, ini tidak akan menjadi pertandingan mudah. Pasalnya, Chelsea datang dengan bekal bagus setelah mengalahkan Tottenham Hotspur di ajang Carabao Cup dan memastikan tiket final.

Bicara performa, Manchester City jelas tidak kalah. Seperti diketahui, mereka sudah memenangkan 11 pertandingan terakhir mereka di Liga Premier.

Tak hanya itu, Manchester City juga mencetak setidaknya 2 gol dalam 9 dari 11 pertandingan terakhir mereka itu. Masalah mereka hanya kesiapan pemain menjelang duel ini.

Saat menghadapi Swindon di babak ketiga Piala FA, Manchester Biru kehilangan tujuh pemain utama akibat COVID-19. Phil Foden dan Oleksandr Zinchenko adalah dua nama yang disebut-sebut masuk dalam daftar. Jika keduanya belum dinyataka negatif, itu akan mengganggu lantaran Riyad Mahrez saat ini sedang memperkuat negaranya di Piala Afrika.

Bukan hanya pemain, City juga belum mengkonfirmasi kesiapan Pep Guardiola mendampingi tim. Sang pelatih juga dites positif dan harus menjalani karantina bersama keluarganya beberapa hari lalu sehingga City dipimpin Rodolfo Borrell di Piala FA.

“Kami akan melakukan apa yang harus kami lakukan. Kami merencanakan dan melakukan segalanya bersama sehingga tidak ada perubahan dan (akan ada) waktu untuk melakukan yang terbaik dan membangun game melawan Chelsea,” kata Rodolfo Borrell di situs resmi The Citizens.

Chelsea yang bertekad membalas kekalahan mereka di pertemuan pertama September tahun lalu sementara itu tidak memiliki kekhawatiran baru jelang bigmatch ini. Hanya Ben Chilwell, Reece James, Trevoh Chalobah, dan kiper Edouard Mendy yang tetap tidak tersedia.

Tapi Manajer Chelsea, Thomas Tuchel berharap pemainnya bisa bermain maksimal. Saat mengalahkan Tottenham Hotspur tengah pekan kemarin, sang pelatih sedikit kesal melihat pemainnya yang tampak over confidence.

“Kami menikmati bahwa kami bermain untuk klub yang ambisius. Ini adalah hadiah. Kami semua kompetitif, jadi kami melakukan yang terbaik dan inilah yang dituntut klub,” ujarnya di situs Chelsea.

Kapten Chelsea, Cesar Azpilicueta menambahkan, “Saya pikir tim banyak berkembang, kami masih memiliki ruang besar untuk peningkatan lebih lanjut dan kami harus terus bekerja.”

Ia juga menggemakan ambisi Chelsea. “Di setiap kompetisi, kami ingin melaju sejauh mungkin dan berjuang untuk trofi. Di sini, di Chelsea, kami tidak memilih trofi, kami melakukan segalanya. Yang kami semua inginkan adalah dapat merayakan trofi bersama para penggemar di akhir musim,” tegasnya.

Antonio Rudiger yang jadi pahlawan kemenangan Chelsea di markas Spurs sementara itu mengingatkan timnya untuk tetap menjaga konsentrasi. “Ada banyak pertandingan sulit untuk dimainkan, jadwalnya semakin padat. Kami harus siap untuk itu,” katanya.

Karena Thiago Silva dan N’Golo Kante sudah sembuh dari COVID-19, mereka bisa menjadi starter pada laga ini. Namun, Kante harus bersaing dengan Mateo Kovacic atau Jorginho. Kai Havertz juga bisa kembali menggantiikan Timo Werner untuk menyokong Romelu Lukaku. (amr/kbe)

Prakiraan Pemain
Manchester City (4-3-3): Ederson; Walker, Dias, Laporte, Cancelo; Gundogan, Rodri, De Bruyne; Silva, Jesus, Foden

Chelsea (3-4-2-1): Kepa; Christensen, Silva, Rudiger; Azpilicueta, Jorginho, Kovacic, Alonso; Mount, Havertz; Lukaku

Head to head
25/09/21 Chelsea 0-1 Manchester City
29/05/21 Manchester City 0-1 Chelsea
08/05/21 Manchester City 1-2 Chelsea
17/04/21 Chelsea 1-0 Manchester City
03/01/21 Chelsea 1-3 Manchester City
25/06/20 Chelsea 2-1 Manchester City

Lima pertandingan terakhir Manchester City
19/12/21 Newcastle United 0-4 Manchester City
26/12/21 Manchester City 6-3 Leicester City
29/12/21 Brentford 0-1 Manchester City
01/01/22 Arsenal 1-2 Manchester City
07/01/22 Swindon 1-4 Manchester City

Lima pertandingan terakhir Chelsea
29/12/21 Chelsea 1-1 Brighton
02/01/22 Chelsea 2-2 Liverpool
05/01/22 Chelsea 2-0 Tottenham
08/01/22 Chelsea 5-1 Chesterfield
12/01/22 Tottenham 0-1 Chelsea

Pemain Kunci

Manchester City
Top Ratings
Bernanrdo Silva: 7.42
Rodri: 7.39
Joao Cancelo: 7.35
Top Goals
Raheem Sterling: 7
Bernardo Silva: 7
Riyad Mahrez: 6
Top Assists
Gabriel Jesus: 7
Riyad Mahrez: 4
Joao Cancelo: 4

Chelsea
Top Ratings
Mateo Kovacic: 7.4
Mason Mount: 7.2
Thiago Silva: 7.19
Top Goals
Mason Mount: 7
Jorginho: 6
Romelu Lukaku: 5
Top Assists
Mateo Kovacic: 5
Mason Mount: 5
Reece James: 5
Fakta Kunci

Manchester City memenangkan 11 pertandingan terakhir mereka di Liga Premier.

Manchester City mencetak setidaknya 2 gol dalam 9 dari 11 pertandingan terakhir mereka di Liga Premier.

Manchester City menang di babak pertama dan penuh waktu dalam 5 dari 7 pertandingan kandang terakhir mereka di Liga Premier.

Chelsea mencetak setidaknya 2 gol dalam 5 dari 6 pertandingan tandang terakhir mereka di Liga Premier.

Chelsea tidak terkalahkan dalam 9 dari 10 pertandingan tandang terakhir mereka di Liga Premier.

Ini adalah pertemuan Liga Premier ke-50 kedua klub. Manchester City hanya meraih tiga kemenangan dalam 25 pertemuan pertama, tetapi sejak itu mereka memenangkan 12 dari 24 duel.

Ini kali kedua City dan Chelsea bertemu sebagai dua tim teratas di Liga Inggris. Yang pertama terjadi pada Januari 2015, dengan City yang berada di posisi kedua imbang 1-1 melawan Chelsea yang memuncaki klasemen.

Chelsea kalah dalam delapan dari 12 pertandingan terakhir mereka di Stadion Etihad.

Guardiola menelan delapan kekalahan sebagai manajer melawan Chelsea, lebih banyak daripada melawan klub lain.

Chelsea hanya mencatatkan dua clean sheet dalam 11 pertandingan Liga Premier setelah tujuh kali berturut-turut dalam 10 pertandingan pembukaan mereka.

Jorginho mencetak 13 gol Premier League sejak awal musim lalu, lebih banyak dari pemain Chelsea lainnya dan semuanya adalah penalti.

Romelu Lukaku hanya mencetak empat gol dalam 15 penampilan Premier League melawan Manchester City.

Kemenangan Chelsea di Etihad musim lalu merupakan satu-satunya kemenangan Thomas Tuchel dalam enam pertemuan liga melawan Pep Guardiola.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *