oleh

Dikalahkan Thailand 0-4, Indonesia Butuh Keajaiban Untuk Juara Piala AFF 2020

TIMNAS Indonesia harus mengakui keunggulan Thailand di leg pertama final Piala AFF 2020. Dalam laga malam ini, Thailand menang 4-0. Indonesia butuh keajaiban untuk membalik keadaan di leg kedua 1 Januari 2022 mendatang.

Jalannya Pertandingan

Pada laga di National Stadium, Kallang, yang berakhir beberapa saat lalu, Thailand langsung menggempur Indonesia sejak awal. Baru semenit, Supachok Sarachart sudah nyaris menjebol gawang Indonesia. Beruntung, ia menyentuh bola dengan tangannya.

Tapi di menit ke-2, gawang Indonesia benar-benar jebol. Bermula dari kesalahan di sektor bek kiri, Philip Roller mengambil bola dan menerobos ke kotak penalti. Umpan tariknya kemudian dengan mudah diselesaikan Chanathip Songkrasin. Skor 1-0.

Thailand terus menggempur. Pada menit ke-13, tembakan first time Elias Dolah nyaris menggandakan keunggulan Tim Gajah Perang. Beruntung bola masih bisa dihalau Asnawi Mangkualam Bahar sebelum melewati garis gawang.

Sampai menit ke-15, belum ada tembakan yang bisa dilakukan Indonesia. Penguasaan bola 76 persen bagi Thailand. Menit ke-16, Edo Febriansyah melakukan pelanggaran terhadap Supachok Sarachat di depan kotak penalti. Namun, tendangan Bordin Phala masih jauh di atas mistar gawang.

Peluang pertama didapat Indonesia di menit ke-20. Sayang, Irfan Jaya dianggap melanggar Chanathip Songkrasin saat mencoba melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti.

Teerasil Dangda kembali mengancam di menit ke-27. Beruntung tembakannya masih menyamping meski top skor Piala AFF itu berdiri bebas di depan gawang.

Sepak pojok pertama didapatkan Indonesia di menit ke-30 yang dieksekusi Irfan. Akan tetapi, peluang itu terbuang percuma setelah Fachrudin Aryanto melakukan pelanggaran saat berusaha menyambut bola.

Tembakan pertama didapatkan Indonesia melalui Asnawi di menit ke-34. Sayang, bola sepakan kaki kiri pemain asal Makassar itu masih melenceng jauh dari sasaran. Thailand kehilangan Elias Dolah di menit ke-35 akibat cedera dan digantikan Pokklaw Anan.

Indonesia harusnya bisa menyamakan kedudukan di menit ke-37 saat Witan Sulaeman mengirim umpan silang. Sayang sekali, Alfeandra Dewangga yang berdiri bebas kurang tenang dalam penyelesaian akhir.

Tendangannya melayang jauh di atas mistar gawang meski sudah berhadapan langsung dengan kiper, Siwarak Tedsungnoen. Skor 1-0 bertahan hingga wasit Shukri Hussain Al-Hunfush meniup peluit tanda babak pertama berakhir.

Kembali ke lapangan, Indonesia langsung melakukan pergantian pemain. Elkan Baggot masuk menggantikan Fachrudin yang sebenarnya tampil cukup bagus di babak pertama.

Thailand kembali langsung menekan. Satu upaya Supachok Sarachat bisa diblok Elkan Baggot dan hanya menghasilkan sepak pojok di menit ke-50.

Pada menit ke-52, Thailand menggandakan keunggulan. Berawal dari serangan balik, Supachok Sarachat menggiring bola hingga ke kotak penalti sebelum memberikan umpan ke Chanathip Songkrasin yang dengan mudah menaklukkan Nadeo.

Irfan Jaya mendapat peluang memperkecil ketertinggalan di menit ke-61. Namun, tembakan kaki kanannya masih bisa digagalkan Siwarak Tedsungnoen dengan kakinya. Egy Maulana Vikri kemudian dimasukkan menggantikan Ricky Kambuaya.

Thailand menambah keunggulan menjadi 3-0 di menit ke-67. Philip Roller mengirim umpan manis di depan kotak penalti yang langsung disambar Supachok Sarachat.

Mencoba memaksimalkan 10 menit terakhir, Indonesia malah kembali jebol di menit ke-83. Mendapat umpan terobosan, Bordin Phala dengan mudah menaklukkan Nadeo. Skor 4-0 menjadi hasil akhir. (bbs/amr/fjr/kbe)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.