oleh

Aktif Tingkatkan Kualitas, Unsika Jalin Kerja Sama dengan Berbagai Perguruan Tinggi

KARAWANG – Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) terus aktif meningkatkan kualitas dalam berbagai aspek. Satu di antara upaya yang dilakukan kampus negeri di Karawang ini yaitu terus membuka kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi.

Kerja sama terbaru dilakukan Unsika dengan menggandeng Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang. Unsika-Unsri resmi melaksanakan kerja sama dengan melakukan penandatangan MOU yang ditandatangani langsung oleh kedua rektor bertempat di Unsri, Kamis (18/11).

Dalam giat kunjungan silaturahmi dan kerja sama yang dilakukan, Unsika diwakili rektor, wakil rektor Bidang Umum dan Keuangan, kepala biro umum, dekan Fakultas Ilmu Kesehatan, staf khusus, dan para tenaga ahli rektor. Sedangkan Unsri diwakili rektor, para wakil rektor, seluruh dekan, hingga seluruh kepala biro UPT.

Kunjungan dan Silaturahmi ini salah satunya membahas kerja sama yang akan dilakukan Unsika dan Unsri. Seperti halnya dari rektor Unsika membahas mengenai potensi industri terbesar di Asia Tenggara dan RS Swasta terbanyak di wilayah Jawa Barat. Sedangkan rektor Unsri membahas mengenai fokus kepada pengembangan ilmu pengetahuan, memberikan pendampingan terhadap Unsika sehingga tercapai tujuan untuk maju dan berkembang bersama.

Kemudian, pembahasan tersebut dilanjutkan dengan penandatangan MOU yang ditandatangani langsung oleh kedua rektor. Dari Unsika oleh Prof. Dr. Sri Mulyani, Ak., ACPA., CA, sedangkan dari Unsri Palembang oleh Prof. Dr. Ir. Anis Saggaf, MSCE.

Ruang lingkup yang ditandatangani dan disepakati di antaranya adalah berfokus terhadap 9 poin. Pertama yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kedua, pengembangan kompetensi sumber daya manusia.

Kemudian, ketiga, pertukaran mahasiswa, dosen, dan karyawan. Keempat, perbantuan pengembangan perguruan tinggi. Kelima, lokakarya, pelatihan, seminar, pameran, dan kegiatan ilmiah lainnya.

Selanjutnya, keenam, pelaksanaan Program Merdeka Belajar- Kampus Merdeka. Ketujuh, konsultasi dan pembuatan kajian/analisis. Kedelapan, penggunaan fasilitas yang dimiliki para pihak sesuai dengan ketentuan yang berlaku di lingkungan pemilik fasilitas. Kesembilan, kegiatan lain yang disetujui secara tertulis oleh para pihak.

Rektor Unsri Palembang, Prof Anis Saggaf mengungkapkan, kerja sama dan penandatanganan tersebut bertujuan untuk mengembangkan, berkolaborasi, serta maju dan berkembang bersama antara kedua perguruan tinggi secara berdampingan untuk mencapai tujuan yang lebih baik.

Dalam pertemuan tersebut ada rencana kerja sama antara Unsika dan Unsri tentang kerja sama MBKM tentang optimalisasi pasar tradisional dengan Kemendag untuk meningkatkan dan menjalankan terhadap program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.

Rektor Unsika, Prof Sri Mulyani mengungkapkan, kegiatan kunjungan menjadi ajang kerja sama dan silaturahmi antara pihak Unsika dan Unsri untuk berkolaborasi dalam rencana-rencana yang akan dilakukan untuk mengembangkan kedua perguruan tinggi secara berdampingan serta untuk melakukan kerjasama terhadap program Rector Speech serta kegiatan MBKM.

“Kami juga sangat diterima dengan baik dan ramah disini (Unsri Palembang,” puji Prof Sri. (rls/kbe)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *