oleh

Pengurus Komda HAE IPB Jabar Tanam Pohon Langka di Eduforest

KABUPATEN BEKASI – Pengurus Komisariat Daerah (Komda) Himpunan Alumni E Institut Pertanian Bogor (IPB) masa bakti 2021-2024 resmi dikukuhkan.

Pengukuhan berlangsung di Hutan Kota Bekasi Eduforest yang berada di Desa Tamansari, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, Sabtu, 27 November 2021.

Pengukuhan dihadiri langsung oleh Ketua Umum DPP HAE IPB Bambang Hendroyono. Bersamaan dengan itu, juga digelar penanaman pohon dalam rangka peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HPMl).

Ketua Komda HAE IPB Jabar, Umad Muhamad, berharap dengan kegiatan tersebut dapat menumbuhkan kesadaran dan kepedulian di kalangan masyarakat.

“Bahwa pemulihan kerusakan sumber daya hutan dan lahan sangat penting melalui penanaman pohon,” kata dia.

Pengurus Komda HAE IPB Jawa Barat, Eris Purnama, mengatakan pohon yang ditanaman merupakan pohon langka khas Jawa Barat.

“Kita tanam pohon langka khas Jawa Barat seperti buni, namnam, buwek, burahol, geredog, dan lainnya,” kata dia.

“Harapan ke depan ini menjadi tempat khusus edukasi warga di sekitar sini, juga untuk melestarikan tanaman langka khas Jawa Barat,” ucap pria yang juga ketua Himpunan Alumni IPB Kabupaten Bekasi.

HAE Jabar berharap Eduforest nanti dapat menjadi objek wisata dan tempat edukasi warga untuk menanam dan penghijauan.

“Di Bekasi ini kan banyak lahan menjadi industri. Jadi area ini cukup punya potensi penghijauan untuk memelihara tanaman langka,” kata dia.

“Ini akan terus berkembang. Beberapa spot kita tanami sesuai dengan zonasi, ada tanaman khas Jawa Barat, ada bambu dan ada tanaman perniagaan seperti buah-buahan produktif,” kata dia.

Komda HAE IPB Jawa Barat rutin dalam sejuah kegiatan seperti penanaman pohon, pemberian bantuan ke daerah terdampak bencana, penanaman pohon ke sekolah-sekolah dan lainnya.

Anggota aktif HAE IPB Jabar sekitar ribuan orang tersebar di wilayah Jawa Barat.

Kepala Dinas Kehutanan Jabar, Epi Kustiawan, menjelaskan Hari Menanam Pohon Indonesia tak lepas dari kesadaran pentingnya menjaga kelestarian pohon untuk mencegah dampak perubahan iklim.

“Dengan keseimbangan alam, berbagai bencana di masa depan dapat dicegah demi keamanan umat manusia,” kata dia. (dim/ygi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *