oleh

Program Desa Digital, Masyarakat Diharapkan Beri Dukungan

KABUPATEN BEKASI – Desa Burangkeng termasuk dalam salah satu program desa digital di Kecamatan Setu bersama dengan Desa Tamanrahayu dan Kertarahayu.

Sekdes Burangkeng, Ali Gunawan, bersama dengan beberapa orang dari perwakilan desa lain sudah berkesempatan studi banding ke Desa Pancamandala, Kecamatan Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya baru-baru ini.

Ali melihat ada potensi yang baik dari program ini, terlebih potensi mendulang pendapatan asli desa (PADes) lewat penyediaan jaringan internet bagi warga dengan harga terjangkau.

“Nanti tanggal 29 November sampai 1 Desember akan ada pelatihan. Kita pilih yang memang paham, ada dari Karang Taruna. Secara operasional mereka sudah siap,” ucap dia, Selasa, 23 November 2021.

Apabila 3 desa yang tercakup program desa digital sudah dapat mengoperasikan jaringan secara mandiri, maka sebuah badan usaha bersama pun dibentuk atau Bumades (badan usaha bersama desa).

“Kita sudah anggarkan tahun 2022 untuk program desa digital. Tiga-tiganya sudah anggarkan,” kata dia.

Nanti, Bumades tersebut akan mengajukan kepada Balai Aksesbilitas Telekomunikasi dan Infofrmasi (Bakti) Kemenkominfo untuk usulan penyediaan akses internet.

Dia berharap program Desa Digital ini didukun penuh oleh warga, karena penghasilan Bumades ini akan menjadi PADes bagi desa.

“BUMN bisa maju karena didukung pemerintah dan masyarakat. Ini kalau didukung masyarakat dan pemerintah insya Allah maju,” kata dia. (bbs/mhs)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *