oleh

Tahun Depan, Pemdes Fokus Akan Fokus Pada Program Pemberdayaan Pembangunan SDM

CIKARANG SELATAN – Tahun depan, Pemerintah Desa (pemdes) Sukadami, Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi akan fokus pada program pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM).

Program tersebut dituangkan di Rencana Kerja Pemerintah (RKP), bahkan sampai dengan penetapan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) tahun 2021.

“Alurnya mulai musdus sudah kita lakukan di wilayah, musdes juga sudah kita lakukan beberapa minggu lalu di aula kantor. Di dalam itu ada satu kesimpulan nanti secara prioritas dan sangat prioritas. Dan insya allah sukadami statusnya sudah naik menjadi desa mandiri,” ungkap Sekdes Sukadami, Abeng Arif, kepada Cikarang Ekspres, Selasa (26/10).

Menurut Abeng, sapaan akrabnya, secara siklus grafik pembangunan infrastruktur di Desa Sukadami melalui anggaran Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bekasi bersumber dari APBD tahun 2021 sebesar 12,3 miliar.

“Artinya pembangunan di desa sukadami itu sudah merata. Nanti untuk anggaran Dana Desa (DD)atau Dana Alokasi Desa (DAD) kita akan lebih fokus pada membangun sumber daya manusia,” terangnya.

Nantinya, sambung dia, seperti meningkatkan kualitas SDA seperti Perangkat Desa, Karang Taruna, LKD, Posyandu dan PKK, akan bergerak semua agar masyarakat itu bisa membanguan bersama.

“Nantinya seperti program pemberdayaan di sesuaikan dengan LKD nya. kalau PKK akan ada pembinaan tata boga, pembinaan menjahit, UMKM, dan masih banyak contoh yang lainnya,” ujarnya.

Namun begitu, untuk program kerja desa sukadami yang belum terealisasi di tahun 2021 tidak dimasukkan dalam program tahun 2022.

“Engga dong, kecuali ada silpa tapi di tahun ini pun kita lebih banyak ke bansos . kalau bansos pakai habis langsung ke masyarakat seperti saha satunya Bantuan Langsung Tunai (BLT) DD,”pungkasnya. (bbs/mhs/kbe)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *