oleh

Program Kampung Santri, Kemenag Ingin “Hidupkan” Masa Lalu

CIKARANG PUSAT – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bekasi memiliki program Kampung Santri yang rencana akan dilaunching pada 3 Januari 2022. Nantinya, di setiap kecamatan akan memiliki tempat yang akan dijadikan Kampung Santri.

“Ya di setiap kecamatan di seluruh Kabupaten Bekasi memiliki kampung santri, kampung yang berciri khas santri. Kalau kita masuk ke kampung itu sudah ada ciri khas santri,” jelas Kepala Kemenag Kabupaten Bekasi, Sopian, Selasa (26/10).

Sopian menjelaskan, di kampung itu nantinya masyarakat akan merasakan suasana khas kampung santri. Di antaranya, akan dibangun gapura selamat datang kampung santri juga akan dilengkapi tulisan atau kalimat thoyibah serta kalimat Asmaul Husna di setiap gang.

“Jadi di kampung itu ada kegiatan keagamaan, pengajian rutin ada, di bidang ekonominya, sosialnya juga ada, yang pastinya mengedepankan bidang keagamaan,” tambahnya.

Untuk merealisasikan program tersebut, Kemenag juga menggandeng Pemda Kabupaten Bekasi serta pemerintah Kecamatan dan Desa. “Dari Kemenag mengadakan sipiritualnya seperti guru ngaji, ada tenaga PKL santri yang akan kita kirim juga ngajar di kampung santri,” katanya.

Dengan adanya Kampung Santri, H. Sopian berharap akan menghidupkan kembali rutinitas generasi masa lalu dimana setiap sorenya selalu belajar mengaji ke rumah guru atau ustad.

“Jadi tradisi santri itu bisa muncul lagi di program kampung santri ini, dulu jam lima sore anak-anak pada ngaji ya kita hidupkan kembali kegiatan tersebut,” tandasnya. (mil/mhs/kbe)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *