oleh

Fobia Naik Pesawat, Sophia Latjuba Ngaku 10 Tahun Tak Tinggalkan Pulau Jawa

ARTIS senior, Sophia Latjuba mengaku sudah 10 tahun tidak meninggalkan Pulau Jawa. Hal tersebut disebabkan fobia naik pesawat.

Sophia Latjuba terpaksa naik pesawat ke Amerika Serikat misalnya, sang aktris punya ritual khusus, yakni menenggak obat penenang.

“Masih dong, ada beberapa hal yang enggak boleh berubah dalam hidup. Harus konsisten termasuk (fobia) naik pesawat,” ujar ibunda Eva Celia.

Dalam video yang dipublikasikan, ia tak tahu penyebab fobia naik pesawat. Ia tak pernah konsultasi ke psikolog atau psikiater. “Enggak tahu (penyebabnya), enggak pernah ke psikolog atau terapis begitu untuk cek kenapa takut naik pesawat. Jadi enggak tahu kenapa. Enggak ada trauma juga,” ungkap Sophia Latjuba.

Sopia Latjuba mengatakan, ia ingat kapan fobia naik pesawat itu menguat, yakni setelah menikah dengan Indra Lesmana dan melahirkan Eva Celia. Sejak itu, ia ogah naik pesawat dan selektif memilih pekerjaan.

“Aku tuh ada kali 10 tahun enggak keluar dari Pulau Jawa karena takut naik pesawat. Sejak Eva umur 2 tahun. Itu fobia. Dari Eva kecil, mungkin karena tiba-tiba punya anak terus naik pesawat itu bisa apa ya,” katanya.

Lanjut dia, naik pesawat itu tak bisa dikontrol. Sophia Latjuba merasa lebih aman naik mobil atau kereta api karena ngijak tanah. Jika keadaan memaksanya naik pesawat, wajib ada obat penenang.

“Itu minum obat penenang. Sebelum take off minum obat penenang, bukan obat tidur. Jadi bisa lebih agak kalem. Jadi tenang terus mengantuk,” imbuh aktris kelahiran 8 Agustus 1970 membeberkan.

Ia mencoba minum obat tidur jelang terbang. Hasilnya, malah bikin waswas. “Kalau kayak obat tidur kan dia bikin ngantuk saja, tapi tidak tenang. Tetap deg-degan, pernah coba obat tidur dan waduh parah,” jelasnya.

Menurut Sophia Latjuba, mereka yang fobia naik pesawat tidak akan bisa tenang khususnya jelang lepas landas dan saat ada peringatan mengenakan kembali sabuk pengaman selama terbang. (bbs/rie/kbe)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *