oleh

Berhasil Bina Petani Nanas Desa Sarireja, PKC Raih Penghargaan Top CSV Award 2021

PT Pupuk Kujang Cikampek (PKC) melalui program Kampung Nanasku berhasil meraih penghargaan Top CSV Award 2021 dari INFOBRAND.ID. Penghargaan diterima VP PKBL Pupuk Kujang, Agung Gustiawan dalam acara webinar nasional CSR to CSV, yang digelar pada pertengahan bulan Oktober 2021 lalu.

Top CSV Award merupakan penghargaan yang diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang telah berhasil menjalankan CSV (Creating Shared Value) hingga berhasil meningkatkan nilai ekonomi dan nilai sosial yang berkelanjutan.

Dalam penghargaan tersebut, Pupuk Kujang berhasil meraih total poin 4,56 dari skala 5. Dewan juri menilai, Pupuk Kujang berhasil memajukan komunitas petani nanas di Desa Sarireja, Kecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang hingga punya nilai ekonomi dan sosial yang tinggi.

Di sana, Pupuk Kujang menjalankan program Kampung Nanasku. Program tersebut adalah Tanggung Jawab Lingkungan dan Sosial (TJSL) yang menyasar UMKM sehingga bisa naik kelas melalui pembiayaan modal usaha, edukasi pemupukan berimbang hingga pembinaan.

Melalui pembinaan sejak tahun 2012 tersebut, petani nanas berhasil meningkatkan kualitas dan jumlah panen berkali lipat. Bahkan, nanas yang dihasilkan bisa memenuhi kualitas ekspor. Alhasil, terjadi peningkatan taraf hidup petani nanas yang dibina Pupuk Kujang.

Selain itu, petani berhasil mengembangkan diri hingga bisa berkomunitas dan membentuk koperasi yang mandiri. Bahkan, melalui bantuan sejumlah alat dari Pupuk Kujang, petani nanas di sana terus mengembangkan diri dengan membuat beragam produk turunan seperti keripik nanas, es buah hingga wajik nanas.

Melalui Kampung Nanasku, Pupuk Kujang terus menunjukkan dukungannya terhadap pencapaian SDGs khususnya di poin 8 dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan serta implementasi program-program berbasis ESG (Enviromental, Sosial and Governance).

“Selamat kepada para peraih penghargaan. Dan semoga dapat menginspirasi perusahaan lain dalam menerapkan CSR mejadi CSV yang berkelanjutan,” kata CEO INFO BRAND Group, Susilowati Ningsih.

Saat ini, Kampung Nanasku telah mengubah kehidupan petani nanas di Desa Sarireja. Saat ini, nanas produksi petani binaan Pupuk Kujang telah diminati pasar timur tengah bahkan eropa.

Agung Gustiawan, VP PKBL Pupuk Kujang tidak akan berhenti membina Kampung Nanasku. Pihaknya akan mengupayakan nanas Subang dipasarkan ke banyak negara lain.

“Kami sudah berkomunikasi dengan Kadin Jabar supaya produk nanas ini bisa dibeli pembeli dari banyak negara lainnya,” kata Agung.

Dengan penghargaan ini, kata Agung, Pupuk Kujang akan makin semangat dalam menjalankan berbagai program tanggung jawab sosial dan lingkungan kepada masyarakat.

“Pupuk Kujang akan hadir makin dekat kepada masyarakat khususnya petani Indonesia,” pungkas Agung. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *