oleh

Hadirkan Inovasi, TK Alam Al-Firdaus Launching Aplikasi Belajar Mengelola Sampah untuk Anak

KARAWANG – TK Alam Al-Firdaus menghadirkan inovasi di tengah pandemi Covid-19. Satuan pendidikan yang berlokasi di Desa Muktijaya, Kecamatan Cilamaya Kulon, Karawang ini meluncurkan aplikasi belajar mengelola sampah sebagai sarana mengedukasi anak agar cinta terhadap lingkungan.

Aplikasi yang dibuat atas kerja sama dengan Ajmul Muzaki dari Ajmul Cinema Studio Rancabango Subang dan Studio Bandung secara resmi dilaunching di kampus TK Alam Al-Firdaus, Kamis (14/10).

“Alhamdulillah, aplikasi belajar mengelola sampah untuk siswa PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) telah kami launching dengan lancar. Aplikasi ini merupakan yang pertama di Indonesia,” ujar Kepala TK Alam Al Firdaus, Siti Marini, kepada KBE, belum lama ini.

Dikatakan Marini, aplikasi belajar mengelola sampah dihadirkan sebagai tindak lanjut dari kurikulum tematik pengelolaan sampah yang selama ini telah diterapkan di TK Alam Al-Firdaus dan satuan PAUD lainnya di Kabupaten Karawang.

“Dengan hadirnya aplikasi ini anak diharapkan bisa lebih mudah dan senang dalam belajar mengelola sampah sejak dini,” ucapnya.

Pasalnya, jelas Marini, di dalam aplikasi didukung menu yang mengantarkan anak untuk belajar sambil bermain. Misalnya dalam menu utama belajar kelola sampah, anak-anak diperkenalkan jenis-jenis sampah organik dan nonorganik berikut dengan gambarnya. Selain itu, ada penjelasan visual atau video animasi untuk anak yang belum bisa membaca, sehingga memudahkan anak untuk menangkap pesan yang disampaikan.

“Aplikasi juga dilengkapi menu game animasi, belajar mewarnai, ebook dan sharing bunda. Melalui sharing bunda, orang tua anak juga bisa saling terhubung atau berdiskusi dalam mendampingi anak belajar mengelola sampah,” jelasnya.

Marini menyampaikan, untuk bisa menggunakan aplikasi belajar mengelola sampah, masyarakat bisa mendownload di Play Store dan App Store.

“Semoga hadirnya aplikasi belajar mengelola sampah ini bisa memberikan manfaat besar. Pasalnya dengan jangkauan yang luas, aplikasi ini tentunya bisa digunakan di lembaga pendidikan lainnya di seluruh Indonesia,” harapnya.

Selain aplikasi belajar mengelola sampah, TK Alam Al-Firdaus berkolaborasi dengan PKBM Assolahiyah melaunching Shitik (Shibori Batik). Kegiatan launching juga disupport oleh Pertamina EP, Akeyla Fashion Designer, PKBM Assolahiyah, Idolmart, Rumah Kreasi Kami dan Narasize (by Nara Liem). (ayi/kbe)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *