oleh

Viral di Medsos, Ada Fatwa Wanita Haram Pakai Bra

SEBUAH unggahan di situs yang kerap menuliskan fatwa di Arab Saudi, viral di media sosial. Kali ini mengenai wanita haram pakai bra atau BH.

Isu ini viral setelah unggahan di situs Temanshalih yang diketahui merupakan situs yang banyak mengulas sebuah fatwa Arab Saudi.

Kali ini yang diulas mengenai hukum ‘Bolehkah Akhwat Taaruf Tanpa BH?’. Dalam unggahan itu, disebutkan dilarang.

Dalam narasi postingan itu, disebutkan hukum seorang muslimah tidak memakai bra dalam Islam adalah boleh.

Namun, syaratnya yakni muslimah itu harus mengenakan model busana yang menutupi seluruh tubuhnya kecuali wajah dan telapak tangan.

“Berdasar fatwa yang ditetapkan oleh “Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa” – Arab Saudi, maka hukum menggunakan BH bagi perempuan adalah dilarang. Kecuali jika akhwat (perempuan) memakai BH dihadapan mahramnya,” demikian tulisan dalam situs itu.

Selain itu, postingan tersebut juga mengungkapkan bahwa muslimah yang berbusana tanpa bra tidak termasuk dalam hadist ‘berpakaian tapi telanjang’.

Tanggapan MUI
Menanggapi itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI)Bidang Informasi dan Komunikasi Masduki Baidlowi membantah anggapan BH haram.

Masduki justru mempertanyakan dasar fatwa memakai BH haram dan menegaskan tidak ada pelarangan pemakaian bra dalam ajaran Islam.

Dia menilai fatwa yang disampaikan di media sosial tak mendalami permasalahan. Masduki menyebut fatwa itu hanya bersandar pada perspektif hawa nafsu.

“Kalau memandang dari sudut syahwat dan birahi, itu salah semua jadinya karena kita kan tidak melihat seperti itu,” tuturnya.

Masduki menyampaikan pemakaian BH harus dipandang dari segi kesehatan. Menurutnya, pakaian itu punya manfaat bagi kesehatan tubuh perempuan. (bbs/cnn/kbe)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *