oleh

Satu Anggota Satgas Gugur Ditembak KKB, Begini Kronologinya

SATGAS Nemangkawi kembali baku tembak dengan kelompok kriminal bersenjata alias KKB di Distrik Kiwirok, Pegunungan Bintang, Papua, Minggu (26/9) sekitar pukul 05.00 WIT.

Baku tembak tersebut mengakibatkan gugurnya salah satu personel Polri Bharatu Muhammad Kurniadi Sutio. Kejadian berawal saat terdengar suara tembakan dari arah depan Polsek Kiwirok sekitar pukul 14.50 WIT (Sabtu, 25/9).

Kuat dugaan KKB yang melepaskan tembakan itu dari kelompok Ngalum Kupel pimpinan Lamek Alipki Taplo. Tim Satgas Tindak Nemangkawi yang berada di lokasi pun melakukan ambush, diawali dengan membuka perimeter. Satu dari dua personel yang membuka perimeter adalah Kurniadi.

Saat membuka perimeter itulah Kurniadi terkena tembakan di bagian ketiak kanannya. Adapun anggota KKB langsung melompat ke jurang dan melarikan diri.

Anggota Satgas Nemangkawi lainnya kemudian mencoba membuat perlindungan untuk mengevakuasi Kurniadi.

Bharatu Kurniadi sempat mendapat penanganan medis. Di sisi lain, saat situasi masih mencekam itu, anggota TNI-Polri siaga di pos masing-masing mengantisipasi adanya serangan kembali dari KKB. Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Cahyo Sukarnito mengatakan Bharatu Kurniadi tak terselamatkan.

“Dukacita yang mendalam atas gugurnya personel Polri Bharatu Muhammad Kurniadi Sutio,” kata AKBP Cahyo dalam rilis dari Humas Satgas Nemangkawi, Minggu siang WIB.

Cahyo menjelaskan pada pukul 07.16 WIT helikopter Polri telah tiba dan mendarat di Distrik Kiwirok guna mengevakuasi Bharatu Muhammad Kurniadi Sutio menuju Oksibil. Pukul 07.43 WIT, heli yang melakukan evaluasi korban take off dari Distrik Kiwirok menuju Bandara Oksibil Pegunungan Bintang, dan selanjutnya pukul 09.45 terbang menuju Jayapura.

“Jenazah berada di RS Bhayangkara Polda Papua untuk disemayamkan, sambil menunggu keputusan dari keluarga perihal pemakaman almarhum,” kata Cahyo. Kepala Humas Satgas Nemangkawi yang juga merupakan Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Mustofa Kamal juga membenarkan informasi tersebut.

“Dari kejadian tersebut, satu personel Satgas Nemangkawi atas nama Bharatu Muhammad Kurniadi Sutio gugur setelah mendapatkan luka tembak di bawah ketiak sebelah kanan,” katanya. (bbs/jpnn/kbe)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *