oleh

Profil Desa Berpengaruh Terhadap Anggaran Desa

METRO CIKARANG – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bekasi melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) menggelar acara Pelatihan Profil Desa. Acara berlangsung di Hotel Primebiz, Cikarang Selatan, dengan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 dengan ketat.  Rabu (22/9).

Acara turut dihadiri narasumber dari Direktorat Jenderal Evaluasi Perkembangan Desa Kementerian Dalam Negeri dan para Operator Profil Desa se-Kabupaten Bekasi.

Dalam sambutannya, Kepala DPMD Kabupaten Bekasi, Ida Farida menyampaikan kepada para peserta untuk mengikuti kegiatan ini dengan serius dan perdalam terus keahliannya, sehingga dapat menjalankan aplikasi profil desa dengan baik dan lancar.

Pelatihan Profil Desa ini ditujukan kepada operator profil desa yang di dalamnya berisi beberapa data, meliputi potensi yang ada di desa baik Sumber daya Alam (SDA), Sumber Daya Manusia (SDM) data tentang Kelembagaan desa dan potensi lain yang ada di desa.

Ida mengakui, semua desa di kabupaten Bekasi sudah memiliki profil desa, namun harus di update lagi. Itu harus didorong terus karena profil desa itu pasti ada perubahan.

“Karena dari profil desa itu banyak sekali manfaatnya, baik untuk mengambil kebijakan di tingkat level desa, kecamatan bahkan di tingkat Kabupaten maupun pusat. Keliru dengan data, maka keliru dengan kebijakan yang diambil. ” terang Ida.

Selai itu,  profil desa ini akan berdampak kepada anggaran di desa, karena penghitungan anggaran berdasarkan proporsi data yang ada di desa.

“Kalau jumlah penduduknya sedikit atau banyak dan lain sebagainya itu ada perhitungan-perhitungan alokasi anggaran yang akan diterima desa-desa,” tandasnya.

(mil/mhs)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *