oleh

Berakhir September, Kemenkop: Realiasasi BLT UMKM Rp1,2 Juta Capai Rp15,24 Triliun

KEMENTERIAN Koperasi (Kemenkop) mencatat, per September 2021, realisasi BLT UMKM tahun 2021 sebesar Rp1,2 juta telah mencapai Rp15,24 triliun. Jumlah tersebut tersalurkan kepada 12,7 juta dari sasaran 12,8 juta pelaku usaha mikro. Dengan demikian masih ada sekira 100.000 pelaku usaha yang belum mendapatkan BLT UMKM.

Deputi Usaha Mikro, Kementerian Koperasi UKM, Eddy Satriya mengatakan, bahwa program penyaluran BLT UMKM Rp1,2 juta ini ditargetkan rampung pada akhir bulan September.

“Total realisasi BPUM 2021 per September ini berjumlah Rp15,24 triliun yang diberikan kepada 12,7 juta pelaku usaha mikro. Proses penyaluran ditargetkan selesai pada akhir September 2021,” kata Eddy, Senin (20/9/2021).

Eddy menjelaskan, persyaratan penerima BLT UMKM 2021 antara lain Warga Negara Indonesia (WNI), tidak sedang menerima Kredit Usaha Rakyat (KUR), dan bukti kepemilikan UMKM menggunakan surat usulan calon penerima BPUM dari pengusul BPUM beserta lampirannya.

“Selain itu, penerima juga harus bukan termasuk PNS/PPK (ASN),” ujarnya.

BLT UMKM 2021 disalurkan melalui BRI dan BNI. Bagi nasabah BRI, kepesertaan dapat dicek melalui tautan eform.bri.co.id. Sementara itu, nasabah BNI dapat mengeceknya melalui tautan banpresbpum.id.

“Perihal penyaluran BLT UMKM untuk tahun mendatang, Kemenkop UKM siap untuk menyalurkannya terutama kepada UMKM mikro. Namun, keputusan ini masih bergantung kepada anggaran yang akan tersedia nantinya,” pungkasnya. (bbs/kbe/rc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *