oleh

PPKM Diperpanjang Lagi, Tak Ada Wilayah Level 4 di Jawa-Bali

PEMERINTAH kembali memutuskan PPKM Level diperpanjang. Namun, diberlakukan uji coba untuk anak 12 tahun ke bawah boleh masuk ke mall.

Uji coba ini, berlaku di beberapa kota seperti DKI Jakarta, Bandung, Semarang, Jogjakarta dan Surabaya.

Menko Marinves, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, pelonggaran ini dikarenakan kasus covid-19 di Indonesia semakin terkendali.

Saat ini, angka reproduksi covid-19 ada pada angka 0,98 atau tiap satu orang, menulari 0,98 orang lainnya. “Ini pertama kalinya di Indonesia selama pandemi covid-19,” ujar Luhut, dalam konferensi pers virtual, Senin (20/9/2021).

Luhut menambahkan, presiden telah memberikan arahan agar tetap super waspada. Karenanya, PPKM level tetap akan diperpanjang mulai 21 September hingga 4 Oktober 2021.

Terkait kasus covid-19, saat ini positivity rate berada di bawah 2 persen atau di bawah standar WHO. Hal ini mengindikasikan pandemi covid-19 di Indonesia telah terkendali.

Sementara hari ini, terjadi penambahan kasus baru 1.932 dan kasus aktif 57 ribu. Pemerintah berusaha menjaga penambahan kasus aktif agar terkendali di bawah 2.700 hingga 3.000 per hari.

“Angka ini kerja keras semua tim. Tetap presiden mengingatkan kami, untuk kita semua super waspada,” tandasnya.

Luhut menyampaikan, saat ini tidak ada lagi kabupaten kota di level 4, di Jawa Bali.

Tapi, Presiden dalam rapat tadi pagi mengingatkan agar tetap hati-hati. Sebab, banyak negara mengalami kenaikan kasus setelah pelandaian.

“Risiko peningkatan kasus tinggi, terutama dari luar negeri. Kita tidak mau kecolongan,” katanya.

Perjalanan Luar Negeri
Pemerintah, kata dia, akan membatasi pintu masuk perjalanan ke Indonesia dan memperketat karantina untuk yang datang dari luar negeri.

Untuk jalur udara, kedatangan luar negeri hanya dibuka di Jakarta dan Manado. “Belajar dari masa lalu, tidak mau mengulangi kesalahan,” tandasnya.

Luhut meminta, momentum kasus rendah ini betul-betul dimanfaatkan melakukan konsolidasi. Jangan cepat-cepat euforia. Karena masih banyak ketidaktahuan terhadap virus corona.

“3T, 3M, peduli lindungi,” tetap kita jalankan.

Vaksinasi, sambung dia, menjadi sangat penting untuk transisi dari pandemi menjadi endemi.

Pemerintah menargetkan kabupaten kota memenuhi 70 persen dosis 1 dan 60 peren lansia dosis 1. Ini diharapkan dapat menekan angka kesakitan akibat covid-19.

Kembali ke PPKM Level, kendati diperpanjang tetapi pusat perbelanjaan mall dilakukan uji coba boleh untuk anak di bawah 12 tahun, Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang dan Yogyakarta.

Tentunya, dengan pendampingan orang tua. (bbs/kbe/rc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *