oleh

Pak Presiden… Mana Keadilan untuk Orang Kecil Seperti Rasmin?

SUBANG – Puluhan petani penggarap lahan gambut di kampung Sumurjaya, Desa Sidajaya, Kecamatan Cipunagara, Kabupaten Subang terancam kehilangan mata pencaharian.

Kini ladang sumber utama penghidupannya terancam hilang. Pasalnya lahan gambut yang telah digarap mereka dari tahun 2020 tanpa musyawarah lahan garapan diambil alih sang kepala dusun di kampung tersebut.

Rasmin salah seorang petani penggarap lahan gambut yang hilang mata pencaharianya mengatakan hanya bisa pasrah dengan kondisi ini.

“Saya hanya rakyat kecil untuk menghidupi keluarga cuma bertani di atas lahan gambut, secara sewa pakai per tahun. Sumber penghidupan untuk kebutuhan ekonomi hanya mengandalkan bertani, tapi semua itu kandas saat ini,” keluh lelaki yang memiliki kekurangan fisik ini.

Karena lahan garapan yang disawahinnya telah dibajak pihak lain, kini ia hanya bisa pasrah sambil berharap keadilan datang kepadanya.

” saat menggarap lahan, meski fisik tidak sempurna, ia tetap menjalankan kewajiban dengan kaki terseok – seok menggunakan dua tongkat. Ia tetap berangkat ke sawah dari pagi hingga sore, itu semua demi menghidupi anak istri.

“Sekarang ini, saya tidak bisa bertani lagi karena lahan sawah sudah dibajak orang lain tanpa ada lagi musyawarah, dimana keadilan. Saya orang miskin yang hanya bisa bertani untuk bertahan hidup. Bapak Presiden, tolong kami rakyat kecilmu,” ujar Rasmin.

Keberadaan nasib Rasmin sekeluarga sangat miris dalam kondisi serba sangat sulit, karena dampak buruk Pandemi Covid-19, selain hilangnya mata pencaharian juga tidak mendapat bantuan dari pemerintah.

nampak raut dan sorot mata Rasmin menanggung beban walau hanya sekedar untuk menyambung hidup keluarga yang dicintainya.

“Mereka rakyat kecil yang minim ilmu pengetahuan butuh diedukasi dan dibina bukan di binasakan”.tegas Noven salah seorang warga sekitar.

“Mereka butuh keadilan dan kami memohon kepada Bapak Presiden Jokowi bisa dapat membantu rakyat kecilmu untuk mendapatkan keadilan,” tandas Noven.

“Bapak Presiden Jokowi , Mereka butuh uluran tanganmu, Humanismu mereka ingin rasakan, Mereka Hanya melihat Bapak Presiden di Televisi, Kehangatan dan Solusimu yang mereka harapkan, para petani di Sumurjaya Desa Sidajaya sangat siap membantu Program pemerintah dalam menjaga “Ketahanan Pangan”, pungkas Noven. (san/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *