oleh

Disorot Media Asing, Warga Surabaya Ciptakan Robot Delta 

KREATIVITAS orang indonesia bener-bener luar biasa, padahal sedang ditengah pandemi covid-19, seperti yang dilakukan Warga Desa Tembok Gede, Surabaya Jawa Timur berhasil menciptakan Robot Delta. Robot ini bisa dimanfaatkan untuk mengantar makanan kepada warga yang sedang isolasi mandiri.

Kreativitas warga di tengah keterbatasan itu disorot oleh media asing Reuters. Reuters menulis, Robot yang dinamai Delta (merujuk pada varian baru Covid-19) itu sangat unik.

Sebab, dirakit dari barang-barang bekas rumah tangga seperti panci, wajan, dan monitor televisi tua.

Kepala Robot Delta terbuat dari penanak nasi, dan dioperasikan dengan remote control. Daya tahan baterainya 12 jam.

Ini adalah salah satu dari beberapa robot yang dibuat di desa Tembok Gede, yang telah memenangkan reputasi untuk penggunaan teknologi secara kreatif.

“Dengan varian Delta baru ini dan melonjaknya jumlah kasus Covid-19, saya memutuskan untuk menjadikan robot tersebut yang digunakan untuk pelayanan publik seperti penyemprotan disinfektan, pengantaran makanan dan memenuhi kebutuhan warga yang melakukan isolasi mandiri,” kata Aseyanto, kepala lingkungan yang mengepalai proyek tersebut.

“Saat kami membuat ini, kami murni menggunakan bahan bekas di lingkungan kami,” tambah Aseyanto.

“Untuk alasanya, kami menggunakan sasis mobil mainan bekas,” tambah dosen teknik Benazir Imam Arif Muttaqin, anggota tim lainnya. (kbe/rc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *