oleh

Mudahkan Monitoring Pembangunan, Bappeda Buat Aplikasi Monev StrateGIS

METRO CIKARANG – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bekasi berencana membuat aplikasi Monev Strategis. Di mana dengan adanya aplikasi tersebut maka semua kegiatan startegis pembangunan di Kabupaten Bekasi dapat dimonitoring.

Terlebih aplikasi monev akan diintegrasikan dengan satelit GIS (lokasi akurat berdasarkan koordinat) dan disertai foto-foto progres pembangunan secara real time.

Subid Pengendalian dan Evaluasi Pelaporan Bappeda Kabupaten Bekasi, Fadly Marissatrio menjelaskan, aplikasi ini dirancang agar pimpinan daerah mudah dalam mengetahui sejauh mana proyek pembangunan yang dilaksanakan dinas.

Dengan itu maka kepala daerah atau bupati bisa melihat secara langsung progress kemajuan pelaksanaan dari proyek tersebut. “Penggunaannya hanya dengan mengklik titik koordinat proyek dimaksud di peta pembangunan. Nah, setelah itu akan keluar foto-foto progres proyek sesuai dengan kondisi terakhirnya,” ungkap Fadly.

Selain itu, Fadly juga mencoba kembali berinovasi untuk menyempurnakan aplikasi monitoring evaluasi dan pengendalian.  Ia juga akan mendesain suatu rumah aplikasi bernama Sistem Informasi Monitoring, Pengendalian, Evaluasi Kegiatan dan Pelaporan (Sim Pelakor).

Menurutnya, Sim Pelakor merupakan sebuah rumah aplikasi yang menaungi beberapa aplikasi evaluasi pelaporan, seperti Evaluasi Pelaporan Realisasi Program Kegiatan per triwulan (P5D), Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban Bupati secara elektronik (E-LKPJ), serta Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) melalui sistem aplikasi.

Perlu diketahui secara Nasional bahwa aplikasi ini baru dipelopori oleh Bappeda Kabupaten Bekasi. “Jadi ada banyak hal yang dapat dikembangkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi,” tandasnya.

(ygi/yud)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *