oleh

UMKM dan Pemdes Lemahmukti Akui Banyak Manfaat Program Mahasiswa KKN UBP Karawang

KARAWANG- Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu implementasi dari tridharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Pada kegiatan KKN di Desa Lemahmukti mahasiswa membuat program kerja yang memfokuskan pada pembinaan dan pendampingan UMKM agar dapat bertahan di masa pandemi. Hal ini sejalan dengan tema KKN virtual UBP Karawang 2021 yaitu “Sinergi Membangkitkan Ekonomi Kerakyatan Di Masa New Normal”.

Pada kegiatan ini mahasiswa bersinergi bersama aparat desa untuk melakukan pengembangan UMKM sebagai potensi mengutkan usaha kecil dan menengah di Desa Lemahmukti.

 

UMKM yang terpilih mendapat pembinaan yaitu, UMKM pembuatan boneka custom dan rengginang coret Hj. Encar. Adapun kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa dalam pembinaan ini yaitu melakukan sosialisasi digital marketing terhadap pelaku UMKM, dengan cara membuatkan toko onlineshop “Lemahmukti Store” di Shopee dan Tokopedia sebagai wadah untuk penjualan produk UMKM Desa Lemahmukti secara online.

Selain itu, mahasiswa juga melakukan pembinaan mengenai pembuatan kemasan  produk yang baik agar dapat menarik pelanggan, lalu memberi bantuan terhadap UMKM berupa pembuatan label merek pada produk UMKM dan membantu melakukan promosi secara online melalui media sosial.

“Pada kegiatan KKN ini kami mengamati terdapat beberapa permasalahan dan kendala yang dialami oleh UMKM sehingga menghambat perkembangan usahanya, kami berharap dengan adanya program kerja ini dapat membantu dan memberikan solusi atas permasalahan tersebut. Aparat desa dan pelaku UMKM sangat menerima niat kami dengan baik dan berdasarkan hasil evaluasi yang telah dilakukan, pelaku UMKM dan aparat Desa Lemahmukti merasakan sangat bermanfaat dengan adanya program KKN ini,” tulis mahasiswa KKN UBP Karawang di Desa Lemahmukti dalam siaran tertulis yang diterima KBE.

Untuk menutup acara KKN ini mahasiswa UBP memberikan bantuan berupa pemberian masker dan handsanitizer yang dibuat sendiri oleh mahasiswa UBP jurusan farmasi untuk dibagikan kepada masyarakat Desa Lemahmukti. Berdasarkan hasil evaluasi yang telah dilakukan, pelaku UMKM dan aparat pemerintahan Desa Lemahmukti merasakan sangat bermanfaat dan berterima kasih dengan adanya program KKN yang diselenggarakan oleh UBP Karawang. (rls)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *