oleh

UMKM-Pemdes Karyamakmur Merasa Terbantu oleh Mahasiswa KKN UBP, Ini Hasil Kerjanya..

KARAWANG- Satu bulan sudah mahasiswa UBP Karawang melaksanakan KKN di Desa Karyamakmur, Kecamatan Batujaya. Para perangkat desa serta pelaku UMKM memberikan apresiasi atas semua program-program kerja para mahasiswa yang dianggap sangat bermanfaat bagi masyarakat setempat.

Kesan mendalam khususnya didapat oleh para pelaku UMKM di sana, yang merasa sangat terbantu atas pemeberian beragam desain dan banner untuk promosi usaha mereka. Kepala Desa Karyamakmur bahkan saat para mahasiswa mendatanginya untuk berpamitan, mengaku kaget. Ia menyangka para mahasiswa bakal KKN di desanya semala tiga bulan.

“Saya kira tiga bulan,” kata dia.

Di masa pandemi covid-19 memang dampaknya bukan hanya kepada sektor kesehatan. Tetepa juga sekaligus memukul dunia usaha, khususnya usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Kondisi itu juga yang mendorong para mahasiswa memfokuskan kegiatan KKN mereka untuk membantu mendampingi pelaku UMKM agar bisa tetap bertahan di tengah pandemi covid-19 yang tak kunjung terkendali.

Kegiatan pendampingan terhadap pelaku UMKM oleh para sivitas akademik UBP ini diistilahkan dengan kegiatan Community Development (Comdev). Program berbasis pendampingan ini diharapkan bersama-sama mengatasi tantangan UMKM di tengah pandemi.

Secara teknis, di lapangan mahasiswa membantu mencarikan solusi apa yang menjadi kendala para pelaku UMKM berjualan di tengah pandemi. Persoalannya bergam. Setiap desa memiliki problem yang berbeda-beda. Begitupun para UMKM di Desa Karyamaakmur ini.

Kepada para mahasiswa, para pelaku UMKM mengeluhkan cara promosi yang menarik agar dagangannya tetap laris. Untuk itu, mahasiswa membuatkan beragam desain dan banner menarik yang bisa digunakan oleh para pelaku UMKM di desa setempat untuk promosi produk dagangannya.

“Ilmu dan program kerja KKN ini bisa bermanfaat bagi masyarakat banyak. Kami dari perangkat desa juga ingin meminta maaf apabila banyak kekurangan selama proses KKN berlangsung,” ujar Sekdes Karyamaakmur.

“Saya juga mengucapkan terima kasih banyak kepada mahasiswa yang sudah melaksanakan KKN di desa Karyamakmur. Semoga kegiatan yang sudah berjalan dapat membantu dan apa yang sudah diprogramkan semua sudah dilakukan dengan baik,” timpal dia. (rls)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *