oleh

Lionel Messi Pecah Telur, Argentina Pecahkan Rekor Kandang Brazil Era Tite

Megabintang timnas Argentina, Lionel Messi, pecah telur dengan menyabet gelar Copa America 2021 sekaligus membuat negaranya memecahkan rekor kandang timnas Brazil era pelatih Tite.

Lionel Messi berhasil membawa timnas Argentina menjadi kampiun Copa America 2021.

Argentina keluar sebagai jawara dengan mengalahkan Brazil 1-0 dalam laga final di Estadio do Maracana, Rio de Janeiro, Sabtu (10/7/2021) waktu setempat.

Sukses ini juga mengakhiri penantian panjang sang superstar, Lionel Messi untuk mempersembahkan gelar bagi tim senior Argentina yang sudah ditunggunya selama 16 tahun.

Adalah Angel Di Maria yang menjadi aktor utama sukses Argentina. Penyerang berjuluk Sang Malaikat itu menjadi pencetak satu-satunya gol di pertandingan Minggu, 11 Juli pagi ini di Rio de Janeiro.

Jalannya Pertandingan

Dalam laga di Maracana, pertandingan berjalan ketat sejak menit pertama. Peluang baru didapatkan Brazil di menit ke-12. Neymar mendapat umpan dari Richarlison di depan kotak penalti dan langsung melepaskan tembakan. Namun, bola bisa diblok pemain Argentina.

Pada menit ke-23, Angel Di Maria mencetak gol. Menerima umpan terobosan dari Rodrigo De Paul, ia memenangi duel lari dan langsung berhadapan dengan Ederson Moraes. Pemain sayap PSG itu dengan mudah menaklukkan sang kiper dengan tendangan lob.

Di Maria nyaris menggandakan keunggulan beberapa saat kemudian. Tapi tembakannya masih mengenai paha Marquinhos. Casemiro mendapat peluang menyamakan kedudukan di menit ke-25. Sayang, tembakan Casemiro dapat ditangkap dengan mudah oleh kiper Argentina, Emiliano Martinez.

Lionel Messi mendapat kesempatan pertamanya menembak ke arah gawang saat Argentina menyerang melalui serangan balik di menit ke-32. Beruntung bagi Brasil, tembakan kaki kiri Messi masih melenceng di sisi kiri tiang gawang.

Brasil mendapat dua peluang melalui Everton dan Richarlison di menit 42 dan 44, namun upaya mereka bisa diblok pemain bertahan La Albicelsete. Skor 1-0 pun menutup paruh pertama laga final ini.

Kembali ke lapangan, Brasil langsung mencoba mengurung pertahahan Argentina. Berkali-kali mereka mendapat kesempatan, namun tidak berbuah gol hingga menit ke-70. Roberto Firmino dan Vincius sudah dimasukkan Brasil untuk menambah daya serang.

Satu upaya Lucas Paqueta di menit ke-71 juga masih menyamping. Pelatih Brazil, Tite kembali menambah daya gedor dengan memasukkan Gabriel Barbosa menggantikan Paqueta. Sebelumnya, Renan Lodi juga digantikan Emerson.

Argentina mulai mencoba mempertahankan keunggulan mereka dengan melakukan tiga pergantian sekaligus di menit ke-79. German Pezzela, Nicolas Gaonzalez, dan Exequiel Palacios menggantikan Cristian Romero, Lautaro Martinez, serta Angel Di Maria. Sebelumnya, Guido Rodriguez dan Nicolas Tagliafico sudah lebih dulu masuk menggantikan Leandro Daniel Paredes dan Giovani Lo Celso.

Memasuki menit ke-80, Brasil meningkatkan serangan. Pada menit ke-86 Barbosa nyaris menyamakan kedudukan. Sayang tembakan volinya mampu ditepis Emiliano Martinez. Messi juga harusnya bisa mengakhiri perjuangan Brasil ketika ia berhasil berhadapan dengan kiper. Namun, ia kehilangan bola saat berusaha mengecoh Ederson.

Lima menit injury time coba dimanfaatkan Brasil untuk menyamakan kedudukan. Akan tetapi, usaha mereka tidak berhasil. Skor 1-0 pun menjadi hasil akhir dan Argentina meraih gelar Copa America 2020. Selamat Tim Tango! (kbe/fajar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *