Seorang TKI Asal Bandung Barat Minta Dipulangkan dari Malaysia, Mengaku Sedang Sakit Keras

Editor:

BANDUNG – Seorang pria yang mengaku bernama Endik Sopandi, warga Kampung Gamlok, RT 06/07, Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), meminta dipulangkan ke kampung halamannya dari Malaysia.

Permintaan untuk bisa dipulangkan dari Malaysia itu diutarakan Endik melalui sebuah rekaman video berdurasi 12 menit yang diunggahnya ke media sosial hingga akhirnya viral.

“Perkenalkan nama saya Endik Sopandi asli dari Lembang, Jawa Barat. Kampung Gamlok, di belakang restoran Grafika,” ungkap Endik sebagai pembuka dalam video yang diunggahnya.

Endik meminta pertolongan agar bisa dipulangkan dari Negeri Jiran itu lantaran ia sakit-sakitan dan tak punya uang untuk bertahan hidup di perantauan setelah tak mampu bekerja lagi.

Endik menyebut dirinya bekerja sebagai TKI di Malaysia sejak 2015 silam hingga saat ini. Namun, beberapa bulan belakangan ia tak lagi dapat bekerja karena kondisi kesehatannya kian menurun setiap hari.

Masih dalam videonya, dirinya turut menceritakan awal perjalanannya bisa bekerja di Malaysia sebagai TKI.

Dia mengaku berangkat melalui sebuah agen dengan membayar uang sebesar 3.800 ringgit atau sekitar Rp12 juta.

Setibanya di Malaysia, Endik mulai bekerja di daerah Langkawi sebagai sopir di pencucian kendaraan. Di tempat kerjanya itu, dirinya hanya bertahan selama 1,5 tahun hingga akhirnya melarikan diri lantaran tak betah dengan pekerjaannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.