oleh

Arus Mudik Lebaran 2021 Turun, Korlantas : Pemudik Menuju Jabar Turun 100 Persen

METRO BOGOR – Kebijakan peniadaan mudik Lebaran 2021 yang dicanangkan pemerintah dinilai efektif.

Buktinya, data analisis dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan 23 juta orang akan mudik. Namun, dari data terakhir yang diterimanya hanya 1,5 juta orang  yang keluar wilayah Jabodetabek.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono menuturkan efek sosialisasi peniadaan mudik serta penyekatan menjadi salah satu faktor turunnya angka pemudik.

“Selama 8 hari nasional operasi ketupat 2021 ini bahwa volume arus mudik yang menuju Jawa lebih kurang 74 persen, yang menuju Jabar turun 100 persen, menuju Merak turun 45 persen,” kata dia saat evaluasi hasil operasi ketupat 2021 selama pelaksanaan penyekatan peniadaan mudik pasa 24 April sampai 5 Mei.

Selain itu, sambung Istiono, penyekatan di 381 titik juga dinilai sebagai upaya pencegahan yang sudah berjalan maksimal.

“Artinya kesadaran masyarakat sudah bagus dan langkah-langkah tindakan kita untuk melakukan pencegahan baik melalui sosialisasi maupun langkah penyekatan di lapangan sangat efektif untuk kita lakukan,” ujarnya.

Istiono juga menyebutkan sebanyak 600 ribu kendaraan diputarbalik karena terindikasi mudik. Sedangkan 600 travel gelap ditindak tegas.

“Total selama 8 hari kita putarbalikan 600 ribu kendaraan. Travel gelap yang kita tindak tegas ada 600 kendaraan,” pungkasnya.

Diketahui, Korlantas Polri menyiapkan 381 titik penyekatan untuk mendukung kebijakan peniadaan mudik pada 6-17 Mei 2021. Kini Korlantas Polri fokus pada pengamanan arus Balik lebaran 2021.

(san)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *