oleh

Majalengka Zona Merah, Polisi ‘Tutup’ Puluhan Objek Wisata Zona Oranye

METRO MAJALENGKA – Pemerintah memutuskan menutup seluruh tempat wisata di zona merah (risiko tinggi) dan zona oranye (risiko sedang) di momen libur lebaran. Hal ini dilakukan semata-mata untuk menekan angka penularan Covid-19.

Sementara, tempat wisata di zona kuning (risiko rendah) dan zona hijau (tidak ada kasus baru atau tidak terdampak) akan beroperasi dengan pembatasan maksimal 50 persen dari kapasitas.

Kapolres Majalengka AKBP Syamsul Huda mengingatkan seluruh personel yang akan melaksanakan pengamanan obyek wisata melakukan imbauan dan edukasi kepada seluruh pengelola obyek wisata di Kabupaten Majalengka untuk patuh dan selalu terapkan protokol kesehatan.

“Utamakan sikap persuasif dan humanis, serta tanamkan dalam diri bahwa tugas pelayanan dengan menjunjung kepentingan masyarakat diatas kepentingan yang lain. Serta mengutamakan komunikasi dengan pihak pengelola objek wisata yang ada di zona oranye,” ungkap saat pimpin langsung apel kesiapsiagaan dalam rangka pengamanan dan pengecekan penerapan protokol kesehatan dan kebijakan pemerintah pada lokasi-lokasi wisata di wilayah hukum Polres Majalengka, Jumat (14/5/2021).

Berbeda dengan tahun sebelumnya di tengah pandemi Covid-19 harus dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Selain untuk mengamankan kegiatan pengamanan di Obyek wisata juga bertujuan untuk mencegah laju penyebaran virus covid-19 di masyarakat Kabupaten Majalengka.

Syamsul menjelaskan sesuai edaran gubernur Jabar dan bupati Majalengka dilaksanakan dengan pembatasan khususnya pada obyek wisata yang termasuk zona oranye kepada seluruh pengelola obyek wisata.

“Di Majalengka (untuk zona oranye,red) tidak ada yang buka guna mengantisipasi tidak terjadi kerumunan pengunjung,” tukas dia.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Majalengka Kompol Firman Taufik juga meminta seluruh pengelola obyek wisata dan pengunjung untuk mematuhi prokes guna pencegahan covid-19 di obyek wisata pada zona oranye.

“Kemudian ada beberapa tempat wisata pada zona oranye seperti Zona I yaitu Kebun the Cipasung Kecamatan Lemahsugih, Air terjun Cilutung Kecamatan Talaga,” ujar dia.

Selanjutnya, Zona II yaitu Situ Sangiang Kecamatan Banjaran, wilayah Kecamatan Argapura yaitu Curug Muara Jaya, Berod, Buper Panten, Terrasering Panyawean dan Curug Sawer.

Zona III tempat wisata pada zona oranye seperti Curug Tonjong Kecamatan Rajagaluh, Curug Cipeuteuy Kecamatan Sindangwangi, Ciboer Post Sindangwangi, Situ Cikuda Sindangwangi, Talaga Herang Rajagaluh, Puncak Sangiang Dora Kecamatan Leuwimunding.

“Terakhir Zona IV yaitu Taman Raharja Munjul, Kolam Renang Grage Majalengka, Paralayang Munjul, Alun Alun Majalengka, Sky Walk GGM, Kolam Renang Jembar Park Kasokandel, Kolam renang Surya Kadipaten, dan bendung rentang Kecamatan Jatitujuh,” urai Firman.

(san)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *