oleh

Evaluasi PK21, DPPKB Karawang Manfaatkan Larangan Mudik

METRO KARAWANG-Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Karawang, melakukan evaluasi satu bulan berjalannya Pendataan Keluarga 2021 (PK21).

Diketahui, capaian PK21 di Kabupaten Karawang terbilang masih cukup rendah. Apa lagi untuk capaian data berbasis online. Pasalnya, sejak di buka 1 April 2021 lalu. Aplikasi PK21 yang dibuat BKKBN banyak mengalami kendala di Karawang.

Seperti diungkapkan, Kabid Pengendalian Penduduk, Advokasi, Data, dan Informasi DPPKB Karawang, Imam Alhusaeri Bahanan. Hingga saat ini, capaian PK21 di Karawang baru 15,81 persen.

“Dari target 729.809 keluarga, capaian PK21 di Karawang baru 115.380 atau sekitar 15,81 persen,” ungkap Imam, kepada KBE, Selasa, (4/5) di ruang kerjanya.

Menurut Imam, ada beberapa faktor penyebab rendahnya presentasi capaian PK21 di Karawang. Selain aplikasi yang sering gangguan. Perhitungan yang dilakukan BKKBN, membandingkan hasil capaian dengan sasaran total. Seharusnya, perbandingannya hanya kepada capaian online saja.

“Jadi PK21 ini dilakukan dengan dua metode. Konvensional dan online atau yang kita kenal dengan Capi. Target capi itu 70% dari data keseluruhan, tapi capaian yang sekarang ini dibulatkan dengan sasaran total. Maka terjadilah presentasi yang rendah,” papar Imam.

Hasil evaluasi ini, sebut Imam, akan membuahkan hasil yang cukup besar nantinya. Kata dia, DPPKB Karawang akan memanfaatkan momentum larangan mudik lebaran. Karena pada saat itu, warga Karawang akan berdiam diri di rumah. Sehingga, akan lebih mudah untuk dilakukan pendataan.

Imam menjelaskan, selama libur lebaran dan cuti bersama nanti. Para kader pendata PK21 akan terus bekerja mengejar target ketertinggalan ini. Dengan begitu, lanjut Imam, capaian PK21 ini bisa lebih maksimal.

“Kita akan maksimalkan momentum itu, tidak ada kata libur untuk petugas pendata. Semua sudah komitmen untuk terus bergerak selama libur hari raya,” tandasnya. (Wyd)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *