oleh

Buruh Ancam Demo KUI Tiap Hari

***Pihak Perusahaan Enggan Ketemu Serikat

 

ONLINEMETRO.ID, CIKARANG- Imbas dari tidak adanya titik temu dugaan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sepihak Sekretaris Pimpinan Unit Kerja (PUK) FSPMI, Ampi Fatkhudin. Massa buruh kembali mendatangi PT Komatsu Underrariage Indonesia (KUI), Kamis (22/4).

Sekitar pukul 16.00 ratusan massa buruh berorasi di depan perusahaan yang berada di kawasan Jababeka. Mereka tetap meminta Ampi untuk dipekerjakan kembali.

“Beliau (Perusahaan,red) tidak mau bertemu dengan kami (serikat,red) karena beralasan sudah diserahkan ke pengacara. Berarti perusahaan lebih mementingkan orang yang baru datang dibayar, ketimbang orang yang sudah mengabdi puluhan tahun,”kata Ketua PC SPAMK FSPMI,Suparno dalam orasinya.

Ampi dikatakan Suparno, sudah mengabdi lebih dari 25 tahun di PT KUI, namun puluhan tahun ia mengabdi perusahaan sewenang-wenang memberhentikan Ampi.

“Hanya karena meninggalkan pekerjaan satu hari untuk kepentingan serikat, Ampi diberhentikan secara sepihak,”kata pria yang juga Ketua FSPMI Jawa Barat itu.

Pria yang akrab disapa Parno, mulai senin mendatang, buruh akan melakukan demo setiap hari di PT KUI. Ratusan buruh akan melakukan aksi setiap hari di PT KUI.

“Insya Allah, surat laporan resmi ke Kepolisian akan kita tembuskan dalam waktu dekat, mungkin besok. Saya pastikan FSPMI bakal melakukan aksi setiap hari di Komatsu,”tegasnya.

Diketahui, Ampi merupakan salah satu aktvisi senior buruh di FSPMI. Selain Sekretaris PUK, ia juga Sekretaris Forum Komunikasi Buruh Jababeka. PHK Ampi membuat “marah” buruh FSPMI.

Soal keputusan PT KUI mem-PHK Ampi, Parno berpandangan sanksi yang diberikan perusahaan tak sebanding dengan dugaan pelanggaran terhadap pekerja tersebut, “Belum pernah ada SP-1, SP-2, SP-3. Ini tiba-tiba keluar surat skorsing. Tentu tidak sebanding,” kata dia. (dim/red)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *