Kisruh Dugaan PHK Sepihak PT Komatsu, Tagar Save Ampi Fatkhudin Menggema

Editor:

ONLINEMETRO.ID, CIKARANG – Kisruh dugaan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sepihak Sekretaris Pimpinan Unit Kerja (PUK) Ampi Fatkhudin semakin memanas. Buruh pun membentuk tagar #saveAmpiFatkhudin di media sosial (medsos)

Ramai-ramai pekerja dari berbagai perusahaan mengupload tagar itu berbarengan foto Ampi Fatkhudin. Mereka tidak terima rekannya diduga di-PHK sepihak.

“Hari ini kawan seperjuang terancam di PHK sepihak,”tulis akun bernama Ngadio Kaum Kusam di media sosial facebook sekaligus mengupload foto Ampi dengan tagar #saveampifatkhudin.

Hal senada dilakukan akun bernama Zenk. “Pemberangusan serikat buruh kejahatan nyata dan memuakan. Pengusaha memiliki bentuk yang bermacam-macam dengan menggunakan berbagai macam alasan, “tulis Zenk dengan melakukan hal yang sama.

Sebelumnya diberitakan dugaan phk sepihak dilakukan oleh PT Komatsu Undercariege Indonesia (KUI) kepada Sekretaris PUK FSPMI KUI.

Bidang Advokasi PC SPAMK FSPMI Bekasi, Rudolf mengatakan sudah mengundang Ampi yang juga Sekretaris PUK PT KUI untuk dimintai keterangan perihal PHK.

“Kami sudah memberikan somasi ke pihak perusahaan dan meminta Komatsu untuk memperkerjakan kembali Saudara Ampi. Karena ia tak pernah melakukan kesalahan seperti apa yang disampaikan perusahaan,”tegas Rudolf.

Rudolf menjelaskan Ampi tidak merasa memberikan keterangan palsu terhadap perusahaan,”Terkesan mencari kesalahan. Terus juga tidak bisa langsung PHK, jika memang salah dilakukan pembinaan terlebih dahulu. Ini dua kali di BAP langsung diberikan surat PHK dan skorsing,”tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *