oleh

Tanggul Sungai Citarum Jebol 100 Meter, Ini Kata Bupati Eka

ONLINEMETRO.ID, CIKARANG – Intensitas hujan yang begitu tinggi sejak Jumat (19/02) telah menyebabkan beberapa daerah di Kabupaten Bekasi terkena banjir.

Merujuk data Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops-PB) BPBD Kabupaten Bekasi pasa Minggu (21/02/21) pukul 09.00 WIB, terdapat 147 titik banjir yang tersebar di 62 desa/kelurahan di 19 kecamatan.

Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja, kembali turun ke lokasi banjir di di Kampung Babakan Banten, Kecamatan Pebayuran, akibat jebolnya tanggul sungai Citarum pada Minggu (21/02/21).

Orang nomor satu di Kabupaten Bekasi itu mendampingi Polda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imron dan Pangdam Jaya Dudung Abdurachman.

Dari hasil tinjauannya, Bupati Eka menyebutkan bahwa saat ini BPBD dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi masih melakukan evakuasi terhadap warga yang terdampak untuk dipindahkan ke lokasi yang lebih aman. Khusus di Desa Sumberurip, Kecamatan Pebayuran masih ada sekitar 2.000 warga yang masih harus dievakuasi.

“Masih ada sekitar 2.000 warga yang masih harus dievakuasi,” tegas dia.

Ketua DPD Golkar Bekasi itu melanjutkan banjir yang melanda di Kabupaten Bekasi disebabkan hujan deras yang cukup tinggi dan meluapnya debit air sejumlah sungai serta adanya tanggul sungai Citarum yang jebol sepanjang kurang lebih 100 meter.

“Jadi memang curah hujan dan debit air yang cukup tinggi. Ini sebenernya air kiriman dari hulu, misalkan daerah Cikarang Utara dari Cilemahabang yang meluap ke beberapa desa. Atau Kali Cikarang, termasuk sungai Cibeet dan Citarum,” ujar Eka.

Ia berharap, proses evakuasi ini dapat berjalan dengan lancar, aman dan semoga musibah ini dapat segera dilalui. “Untuk Call Center BPBD Kabupaten Bekasi : 0812-1907-1900 / 112,” tukasnya.

(yud)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *