TPS Jalupang Jadi TPA Baru Subang Dimatangkan Wabup Agus

METRO SUBANG – Upaya pemindahan TPA Baru Subang terus dimatangkan Pemkab setempat. Teranyar, Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi mensosialisasikan pemindahan TPA Panembong ke Tempat Pengelolaan Sampah (TPS) Jalupang Kalijati, di sekretariat Karang taruna Tenjo Laut, Selasa (4/2).

Sosialisasi ini dilakukan agar masyarakat disekitar TPS Jalupang mendapatkan informasi utuh tidak simpang siur dan tidak termakan isu yang tidak benar.

Wabup Agus menuturkan TPS yang baru dilatarbelakangi dikarenakan TPA Panembong untuk sekarang ini kondisinya sangat mengkhawatirkan dengan over load sampah.

“Kalau dibiarkan akan semakin menimbulkan masalah seperti yang telah terjadinya sampah terbawa arus sungai Cilamatan sehingga mencemari bahkan menimbun dan merusak areal pesawahan. Jadi adanya longsor sampah karena sudah overload dan kebakaran di TPA Panembong,” jelas dia.

Menurut Agus, TPA Panembong sudah tidak layak lagi dengan luas TPA hanya 6 ha dengan kontur tanah yang tidak labil. Sedangkan, Tempat baru TPS di Jalupang terpilih karena asas kedaruratan mengingat TPA Panombong overload dan lokasi TPS Jalupang tersebut lokasinya memungkinkan dijadikan TPS dengan mempertimbangkan berbagai aspek diantaranya jauh dari pemukiman, menggunakan tanah perhutani dan akses menuju lokasi TPS tidak akan menggangu pemukiman warga sekitar.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Perhutani tentang penyediaan lahan peruntukan TPS, yang mana TPS tersebut merupakan TPS yang akan menggunakan teknologi dalam pengelolaan sampah tersebut oleh pengusaha atau perusahaan swasta,” beber dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *