Awali Tahun 2020, Kementan Luncurkan ‘GEDOR Hortikultura’ Wilayah Garut

METRO GARUT – Tepat hari pertama tahun 2020, Kementerian Pertanian (Kementan) tancap gas mendorong peningkatan produksi hortikultura di Kabupaten Garut.

Melalui kegiatan bertajuk Gerakan Dorong Produksi, Ekspor dan Ramah Lingkungan Hortikultura atau GEDOR-HORTI, Kementan bersama Pemda Garut bersinergi melalui program pengembangan kawasan hortikultura. Maklum saja, Garut merupakan salah satu daerah pemasok bawang merah, cabai, jeruk hingga durian.

Direktur Jenderal Hortikultura, Prihasto Setyanto mengatakab pihaknya akan terus menggenjot produksi hortikultura, terutama cabai dan bawang merah.

“Garut sudah lama dikenal sebagai sentra utama hortikultura khususnya cabai, bawang merah dan buah-buahan seperti jeruk dan durian. Khusus jeruk, Garut bahkan menjadi produsen terbesar di Jawa Barat. Saat ini kami fokus untuk mempertahankan keunggulan jeruk Garut,” ujar dia saat berada di Garut, Rabu (1/01).

Pasokan cabai dan bawang merah asal Garut, sambung Prihasto, selama ini terbukti mampu menopang kebutuhan Jawa Barat dan Jabodetabek.

“Saat momentum tahun baru seperti sekarang, Garut menjadi andalan, sehingga kami terjun langsung ke lapangan. Setelah menyaksikan langsung luasan areal tanam cabai dan bawang, kami optimis Garut akan terus eksis menjadi penyangga stabilisasi pasokan dan harga di Jabodetabek,” tandasnya.

Dirjen yang akrab dipanggil Anton ini menerangkan Kementan saat ini tengah gencar memacu ekspor komoditas pertanian dengan target peningkatan hingga 3 kali lipat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *